Pendampingan Pemanfaatan Simulasi PhET Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium Di Mts Tarbiyatussibyan

Penulis

  • Pandujati Laksono UIN Raden Fatah Palembang
  • Anggun Wicaksono UIN Raden Fatah Palembang
  • Ummi Hiras Habisukan UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4843

Kata Kunci:

PhET Simulation, PkM, Praktikum Virtual Laboratorium

Abstrak

Pada konsep IPA terpadu yang abstrak, terdapat kerumitan untuk menampilkan proses kimia,fisika, dan biologi secara langsung pada kegiatan laboratorium yang nyatal dan akhirnya menjadikan tingkat pemahaman konsep menjadi kurang. PheT sebagai laboratorium simulasi perannya dapat menggantikan laboratorium real. Simulasi PhET memberikan kemudahan bagi peserta didik dan pengajar dalam kondisi yang terbatas pada alat dan bahan praktikum. Tujuan pengabdian adalah membantu peserta dalam memanfaatkan media pembelajaran dengan virtual laboratorium (PhET) sebagai pengganti praktikum dan mengetahui responss peserta terkait kegiatan PkM yang telah dilakukan di Mts Tarbiyatussibyan. Metode yang dipakai pada kegiatan pengabdian dengan melakukan pendampinganerdiri atas 3 tahapan utama yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta mampu menggunakan simulasi PhET dengan kendala praktikum virtual tertentu yang tidak ada di materi sekolah. Peserta merasa puas terhadap pelaksanaan pengabdian simulasi PhET. Kesimpulan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah ketercapaian keberhasilan peserta terhadap pemanfaatan laboratorium virtual (PhET) dari persentase yang lebih dari 75% dengan peserta dapat mengoperasikan simulasi PhET sebagai virtual laboratorium pada smartphone sebagai pengganti praktikum real. Responss kepuasan peserta terhadap kegiatan PkM yang telah dilakukan di MTs Tarbiyatussibyan dapat dilihat bahwa dari kedelapan item penyataan, mitra pengabdian menyatakan kepuasan > 75%, dengan hasil tersebut kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah mencapai target tim pengabdian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adam, R. I., Rizal, A., & Susilawati, S. (2021). Pelatihan penggunaan laboratorium virtual untuk meningkatkan kualitas pemahaman konsep fisika di sma negeri 6 karawang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 95–98. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1008

Angraeni, L., & Sari, I. N. (2017). Pelatihan penggunaan software phet dalam pembelajaran ipa sebagai implementasi kurikulum 2013 bagi guru ipa di kota pontianak semula berfokus pada eksplorasi , elaborasi , dan konfirmasi dilengkapi dengan 2013 . Pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah ini lebih efektif hasilnya. 1(1), 43–50.

Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk guru-guru ipa kota tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1606

Bétrancourt, M., & Tversky, B. (2000). Le travail humain (pp. 311–329).

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo. (2019). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan phet simulation bagi guru mgmp fisika kabupaten serang. J-ABDIPAMAS, 3(2), 55–62.

Dewa, E., Maria Ursula Jawa Mukin, & Oktavina Pandango. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288

Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). The effect of distance learning practicum based on phet interactive simulations on science process skills of secondary school students. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 9(1), 91. https://doi.org/10.26714/jps.9.1.2021.91-96

Handayani, I. D., Suharyo, S., & Wahjoerini, W. (2021). Pelatihan penggunaan praktikum virtual phet bagi guru sd tlogosari wetan 01 semarang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 257. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3948

Hermansyah, G., & Herayanti Lovy. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(2), 2407–6902.

http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/242

Hidayat, F. A., & Fathurrahman, F. (2018). Pendampingan pemanfaatan laboratorium virtual dalam pembelajaran ipa. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–43.

Hikmawati, Sutrio, & Mahesti, K. (2019). Pengenalan phet simulations sebagai laboratorium virtual untuk membantu pemahaman konsep fisika pada peserta didik sman 1 gerung tahun 2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Inayah, N., & Masruroh, M. (2021). Phet simulation effectiveness as laboratory practices learning media to improve students’ concept understanding. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 152. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.2923

Irfan, Y., Widyaningsih, S. W., & Dewi, P. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan.

Lamanepa, G. H., Begu, P. O., & Pasaribu, R. (2020). Simulasi aplikasi interaktif phet bagi siswa sma plus nusa timor. 4(November), 642–645.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu di smp. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 61–69.

Mahanta, A., & Sarma, K. K. (2012). Online resource and ict-aided virtual laboratory setup. International Journal of Computer Applications, 52(6), 44–48.

McKagan, S. B., Perkins, K. K., Dubson, M., Malley, C., Reid, S., LeMaster, R., & Wieman, C. E. (2008). Developing and researching PhET simulations for teaching quantum mechanics. American Journal of Physics, 76(4), 406–417.

Mulyatun. (2012). Laboratorium kimia virtual: alternatif pembelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa tadris kimia iain walisongo semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2), 935–946.

Prastika, E., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2020). Pengaruh pendekatan interactive conceptual instruction (ici) berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.141-150

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22.

Rupawanti, Nahdia. (2018). Pendampingan penggunaan phet-simulation sebagai media pembelajaran guru dalam melatih nahdia rupawanti br teknik elektro, fakultas teknik, universitas islam lamongan kualitas proses pembelajaran yang ada. Dengan kata lain, daerah ini sangat tepat seba. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60–66.

Sari, P. I., & Harjono, A. (2016). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa abstract-- discovery learning is a way of teaching that gives students the knowledge to construct a concept discovered through an experiment The implementa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(4), 176–182.

Tibrani, M., Anggraini, N., & Nazip, K. (2022). Pendampingan simulasi pemodelan sains menggunakan software phet simulations sebagai media pembelajaran digital berbasis virtual laboratory bagi guru ipa palembang. 20(01), 169–178.

Triatmaja, A. K., Muchlas, M., & Wardana, Y. (2021). Virtual laboratorium teknik digital berbasis mobile virtual reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.38705

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). Penerapan simulasi phet pada mata kuliah fisika ii di program studi ilmu kelautan universitas papua. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 180. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4908

Wieman, C. E., Adams, W. K., & Perkins, K. K. (2008). PhET: Simulations that enhance learning. Science, 322(5902), 682–683.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Laksono, P., Wicaksono, A., & Habisukan, U. H. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Simulasi PhET Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium Di Mts Tarbiyatussibyan. Jurnal Anugerah, 4(2), 179–192. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4843