Pelatihan Penggunaan Google Form di Dukung dengan Aplikasi Quilgo sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Biologi

Penulis

  • Safira Permata Dewi Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0003-1452-1520
  • Lucia Maria Santoso Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sriwijaya
  • Didi Jaya Santri Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sriwijaya
  • Zainal Arifin Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sriwijaya
  • Elvira Destiansari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0002-0978-2753

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4461

Kata Kunci:

evaluasi pembelajaran biologi, google form, quilgo, guru biologi, oku timur

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan pelatihan bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk guru-guru Biologi di Kabupaten OKU Timur agar dapat menggunakan Google Form didukung dengan aplikasi Quilgo sebagai media pemberian evaluasi pembelajaran. Google Form dikoneksikan dengan aplikasi penunjang Quilgo sehingga Google Form dilengkapi dengan stopwatch yang membantu menghitung waktu mundur selama tes berlangsung. Penggunaan Google Form didukung aplikasi Quilgo diharapkan mampu memaksimalkan evaluasi pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan secara daring diikuti 39 guru Biologi. Output dari kegiatan ini dilihat peningkatan pengetahuan peserta dengan memberikan pre-test dan post-test dan peningkatan keterampilan dengan penugasan dari produk yang dihasilkan yakni soal evaluasi dalam bentuk Google Form didukung dengan aplikasi Quilgo. Hasil pelatihan menunjukkan secara umum pemahaman dan keterampilan peserta meningkat baik. Peningkatan pemahaman peserta tentang penggunaan Google Form dengan didukung aplikasi Quilgo sebesar 32,31 dilihat dari selisih pre-test dan post-test. Dan keterampilan dilihat dari penilaian yang produk menunjukkan 38,46% peserta memiliki capaian sangat baik dan 7,69% peserta memiliki capaian yang baik. Penilaian produk yang dilakukan juga menunjukkan bahwa peserta telah mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diberikan. Penggunaan Google Form didukung dengan aplikasi Quilgo dapat mempermudah pekerjaan guru melaksanakan proses evaluasi pembelajaran dan meningkatkan kualitas evaluasi walaupun guru dan siswa tidak berada ditempat yang sama

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwiyah, U., Syamsudduha, S., & Ali, A. (2015). Pengembangan instrumen penilaian kognitif berbasis google form pada mata pelajaran biologi. Prodi P.ADP FF UNY, 13(1), 1–100.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Diana, E. (2021). Urgensi in house training dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Elfahmi, R. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi. Bionatural, VII(2), 45–52.

Fitrah, M., & Ruslan. (2021). Pengaruh metode pembelajaran diskusi dengan tipe Buzz Group terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan google form dalam meningkatkan efektifitas evaluasi pembelajaran daring siswa pada masa covid 19 di SD IT baitul muslim way jepara. As-Salam I, 9(2), 123–144. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/assalam/article/view/186/253

Purnanto, A., & Mahardika, A. (2018). Pelatihan pembuatan soal interaktif dengan program wondershare quiz creator bagi guru sekolah dasar di kota wondershare quiz creator bagi guru sekolah dasar di. Warta LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M. S. (2018). Pemanfaatan google formulir sebagai sistem pendaftaran anggota pada website aptisi . or . id utilization of google forms as registration system of member on aptisi . or . id Website. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8, 128–139.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi JIITUJ, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Silitonga, Y., & Eminency, D. (2012). Analisa Perbandingan kualitas belajar-mengajar antara metode face to face dan video conference. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2), 477–487.

Suryani, N., & Harpiansi. (2021). Pelatihan pembuatan soal ujian menggunakan google form bagi guru Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT) Tarbawi Palembang. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 10(1), 71–80.

Syah, R. H. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-28

Cara Mengutip

Dewi, S. P. ., Santoso, L. M. ., Santri, D. J. ., Arifin, Z. ., & Destiansari, E. . (2022). Pelatihan Penggunaan Google Form di Dukung dengan Aplikasi Quilgo sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Biologi. Jurnal Anugerah, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4461