Pelatihan Penyusunan Soal HOTS Matematika SMA Sederajat Di Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4384Kata Kunci:
Higher Order Thinking Skills (HOTS), soal matematikaAbstrak
Terkait informasi perkembangan pendidikan pada taraf internasional, kurikulum 2013 didesain dengan beberapa penyempurnaan. Salah satunya yakni pada evaluasi hasil belajar yang diharapkan dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hal ini juga menjadi tantangan guru dalam mengembangkan soal-soal HOTS matematika. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru matematika SMA sederajat di Kabupaten Malang dalam penyusunan soal-soal berbasis HOTS. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tiga tahap, yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh 23 guru matematika SMA sederajat. Hasil pengabdian yakni kegiatan berjalan dengan baik berdasarkan hasil kuisioner, terdapat peningkatan pemahaman guru-guru matematika dalam soal HOTS matematika. Harapannya kegiatan seperti ini dapat diagendakan kembali di lain waktu.
Unduhan
Referensi
Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., Yustiana, S., & Jupriyanto, J. (2020). Pelatihan penyusunan soal-soal berbasis hots dan aplikasinya dalam pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 162–171. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.162-171
Destiniar, D., Mulbasari, A. S., Fuadiah, N. F., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Retta, A. M., & Isroqmi, A. (2020). Pelatihan penyusunan soal HOTS untuk mengembangkan kemampuan pedagogik guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 163–170. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i1.585
Ismayani, R. M., Aditya, P., & Sary, S. (2020). Pelatihan penyusunan soal berbasis HOTS bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP Se-Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 3(1), 173–185. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/3575/1368
Khairudin, & Niniwati. (2020). Pelatihan menganalisis dan menyelesaikan soal matematika berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) bagi guru SMA Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 443–450.
Khotimah, R. P., Setyaningsih, N., & Sutarni, S. (2021). Pelatihan penyusunan soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru-guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Lastia, I. N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. MPI, 1(3), 242–250. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351
Lusiani, T. (2022). Pelatihan penyusunan soal dengan konsep Higher Order Thinking Skills dan praktik soal online untuk guru di SMK Krian 1 Sidoarjo. SHARE: Journal of Service Learning, 8(2), 216–222. https://doi.org/10.9744/share.8.2.216-222
Muhassanah, N., & Hayati, A. (2022). Workshop penyusunan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) berdasarkan kisi-kisi ujian nasional matematika SD. ADIMAS : ADI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 56–63. https://doi.org/doi.org/10.34306/adimas.v2i2.636
Mulyatna, F., Indrawati, F., & Hartati, L. (2018). Pelatihan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di Yayasan Raudlatul Jannah. Abdimas Dewantara, 1(1), 11–22.
Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan penyusunan RPP merdeka belajar bagi guru SDN Ules Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal ADIMAS, 5(1), 15–22.
Putro, Y. T. M. (2021). Asesmen kesulitan belajar matematika pada Sekolah Dasar. Eprints.Umsida.Ad.Id, 1–7. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/8176/1/5-Yusuf-Triambodo.pdf
Rafli, M. F. (2021). Pelatihan penyusunan soal berbasis HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) untuk guru SDN 050718 Cempa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm), 2(2), 110–117.
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215
Riadi, A. (2017). Kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52–67. Retrieved from https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1933
Suyanto, Kusuma, A. P., Rahmawati, N. K., & Alghadari, F. (2021). Workshop penyusunan dan penilaian soal berbasis HOTS pada pembelajaran guru matematika. Kanigara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 55–61. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3158
Utama, H. B. (2020). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru (pp. 1–8). pp. 1–8. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/338344315_SUPERVISI_AKADEMIK_DALAM_PENINGKATAN_PROFESIONALISME_GURU
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop pengembangan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi guru-guru MGMP IPS Kabupaten Malang pelatihan penyusunan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p73-79
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.