Workshop STEM Robotik Bagi Siswa dan Guru di SMPN 32 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4376Kata Kunci:
robotik, STEM, workshopAbstrak
Pelaksanaan workshop Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Robotik di SMPN 32 Muaro Jambi dilatarbelakangi oleh hasil studi awal yang menunjukkan kesulitan para Guru dalam menyiapkan dan memberikan tugas proyek kepada Siswa. Kegiatan workshop ini dilakukan melalui kolaborasi Dosen Universitas Jambi, Universitas Dinamika Bangsa dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Guru tentang kegiatan proyek terintegrasi STEM Robotik dan motivasi belajar Siswa. Kegiatan ini dilakukan dengan metode workshop. Subjek pengabdian terdiri dari 12 Guru dan 31 Siswa kelas VII. Instrumen pengabdian berupa soal tes esai untuk mengetahui pemahaman Guru tentang pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM robotic dan lembar kuesioner untuk mendapatkan data motivasi belajar Siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan survei. Analisis data peningkatan pemahaman Guru dilakukan dengan uji N-Gain dan paired t-test, sedangkan motivasi belajar Siswa dikodekan berdasarkan jawaban Siswa pada setiap item dalam kuesioner. Hasil workshop menunjukkan data N-Gain sebesar 0,4 dan paired t test sebesar 0,00, yang artinya kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman Guru dalam memahami konsep dan implementasi pembelajaran proyek yang terintegrasi STEM Robotik. Selain itu, data motivasi belajar Siswa menunjukkan bahwa kegiatan wokshop ini menjadikan Siswa termotivasi untuk lebih terlibat aktif dalam belajar.
Unduhan
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal .
Emha, H. (2008). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Roesda Karya.
Ellianawati dan Subali, B. (2010). Penerapan Model Praktikum Problem Solving Laboratory Sebagai Upaya Untuk Memperbaiki Kualitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (Online), 6(2), 90-97.
Hertiavi, M.A., Langlang, H., dan Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (Online), 6 (1), 53-57.
Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, I. H. (2011). Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 306-315.
Salirawati, Das. (2009). Manajemen Laboratorium IP. Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.
Susilowati. (2012). Administrasi dan Inventarisasi Laboratorium IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Anugerah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.