Tes Minat kepada Siswa ke XII di SMAN 7 Banjarmasin Sebagai Salah Satu Upaya untuk Melanjutkan Kuliah

Penulis

  • Rooswita Santia Dewi Universitas Lambung Mangkurat
  • Dwi Nur Rachmah Universitas Lambung Mangkurat
  • M. Syarif Hidayatullah Universitas Lambung Mangkurat
  • Nadia Khairina Universitas Negeri Malang
  • Sugian Noor SMAN 7 Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4328

Kata Kunci:

RMIB, Pemilihan jurusan

Abstrak

Banyak hambatan yang dapat terjadi dari kesalahan memilih jurusan, seperti rendahnya motivasi yang berdampak pada prestasi akademik, tidak memiliki kepercayaan diri dalam mencapai sesuatu yang sebenarnya dapat diraih, atau penurunan performa kerja bahkan menjadi pegangguran setelah lulus. Siswa sekolah menengah atas perlu mengetahui minat mereka agar ketika memilih jurusan kuliah dapat memilih jurusan yang sesuai dan tepat untuk mereka. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi siswa khususnya siswa kelas XII mengenai minat mereka melalui pemberian tes minat. Tes minat yang digunakan adalah tes Rothwell-Miller Interest Blank (RMIB). Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar. Sebanyak 202 siswa mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan pendampingan psikologis dari hasil tes minat yang mereka ikuti yaitu berupa rekomendasi jurusan serta cara mempersiapkan diri untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai minat mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bartolj, T., & Polanec, S. (2012). College major choice and ability: Why is general ability not enough. Economics of Education Review Economics of Education Review, 31(6), 996-1016. http://dx.doi.org/10.1016/j.econedurev.2012.07.010

Beggs, J.M., Bantham, J.H., & Taylor, S. (2008). Distinguishing the factors influencing college students’ choice of major. College Student Journal, 42(2), 381–394.

Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Radzi Rathomi, M., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan high order thinking skill siswa melalui pendampingan computational thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25-36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344

DeMarie, D., & Aloise-Young, P.A. (2003). College students’ interest in their major. College Student Journal, 37(3), 462–470.

Dewey, J. (1913). Interest and Effort in Education. New York: Houghton Mifflin. (Bab dalam buku yang di edit versi cetak)

Dharmayati, W., & Munadi, S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa SMP masuk SMK di kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 405-419.

Ermayanti, I. (2009). Analisis factor-faktor motivasional pemilihan jurusan siswa SMK swasta se kota Malang. Skripsi Analysis of motivational factors in selecting private vocational school student majors troughout Malang.http://karya-oilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/4882. (Karya ilmiah diperoleh dari Website)

Hertinjung, W. S., Sulandari, S., Utari, A. P., & Hastuti, F. D. (2020). Psychological potential identification of a private vocational high school students, Indonesia: Sitability of intersts, aptitude, and selected majors. Journal of Arts & Humanities, 9(12), 24-40. https://doi.org/10.18533/jah.v9i12.2017

Marsidi, S. R., & Hatta, A. R. (2019). Penelusuran Bakat Minat pada Siswa SMA di Bekasi. Jurnal Abdimas, 5(3), 196-200.

Reardon, R. C., Lenz, J. G., Peterson, G. W., & Sampson, J. P. (2017). Career Development & Planning: A Comprehensive Approach. Iowa: Kendall Hunt Pub Co. (Bab dalam buku yang di edit versi cetak)

Renninger, K. A., & Hidi, S. (2002). Student interest and achievement: Developmental issues raised by case study. In Development of Achievement Motivation, 173-195. https://doi.org/10.1016/B978-012750053-9/50009-7

Robst, J. (2007). Education, collage major, and job match: Gender differences in reasons for mismatch. Education Economics, 15(2), 159-175. http://dx.doi.org/10.1080/09645290701263070

Roebianto, A., Guntur, I., & Lie, D. (2021). Pengembangan tes minat Holland untuk pemetaan jurusan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 33-47.

Rostiana, & Saraswati, K. D. H. (2018). Penelusuran Minat–Bakat Untuk Siswa SMA di yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 188-193.

Schiefele, U. (2009). Situasional and Individual Interest. In Handbook of Motivation at School: Routledge/Taylor & Francis Group. (Bab dalam buku yang di edit versi cetak)

Waller, B. (2006). Math interest and choice intentions of non-traditional African-American college students. Journal of Vocational Behavior, 68(3), 538–547.

Wibowo, A. P., Subarkah, D. B. H., & Santoso, T. (2018). Pelatihan pengenalan minat dan bakat siswa SMP Negeri 1 Labang Bangkalan – Madura. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 111–114.

Widiyanti, H. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih jurusan pemasaran di SMK N 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8), 1–12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6606

Wigfield, A., & Cambria, J. (2010). Student’s achievement values, goal orientations, and interest: Definitions, development, and relations to achievement outcomes. Developmental Review, 30(1), 1-35.

Yazici, S., & Yazici, A. (2010). Students’ choice of college major and their perceived fairness of the procedure: Evidence from Turkey. Educational Research and Evaluation, 16(4), 371-382. https://doi.org/10.1080/13803611.2010.528196

Yusof, R., Mokhtar, M., Sulaiman, S. N. A., Syafril, S., & Mohtar, M. (2020). Consistency between personality career interest with sciences field among gifted and talented students. Journal for Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1147-1161.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-29

Cara Mengutip

Dewi, R. S. ., Rachmah, D. N. ., Hidayatullah, M. S. ., Khairina, N. ., & Noor, S. (2022). Tes Minat kepada Siswa ke XII di SMAN 7 Banjarmasin Sebagai Salah Satu Upaya untuk Melanjutkan Kuliah. Jurnal Anugerah, 4(1), 99–108. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4328