Pelatihan Kendali Lampu LED Berbasis IoT di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di Era Revolusi Industri 4.0

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4291

Kata Kunci:

pelatihan, kendali, IoT, blynk, SMK

Abstrak

Pengetahuan dan keterampilan tentang IoT di era revolusi industri 4.0 sangat diperlukan dan banyak diterapkan dalam kehidupan manusia. Banyaknya peralatan yang dikontrol menggunakan IoT juga diterapkan di dunia pendidikan. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan pelatihan awal mengenai IoT pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dikemas dalam pelatihan yang dilaksanakan di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang siswa. Pelatihan ini berupa mempelajari rangkaian dan pemograman kendali 2 lampu led dan 1 kipas dc berbasis IoT menggunakan nodemcu esp 32 sebagai mikrokontroler dan aplikasi blynk yang digunakan untuk menampilkan pengendalian di smartphone. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari materi pelatihan IoT, kelayakan penyampaian materi, dan kelayakan kegiatan pelatihan IoT. Kegiatan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, penerapan, dan akhir. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini berupa respon peserta terhadap isi materi pelatihan dengan persentase kelayakan 92,81% (layak), terhadap penyampaian materi dengan persentase 96,25% (layak), terhadap kegiatan pelatihan dengan persentase 97,81% (layak).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriliana, I., Budihartono, E., & Sabanise, Y. (2018). Pengenalan internet of things (iot) untuk peningkatan softskill pada siswa sma n 5 tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 92–97. https://doi.org/10.30591/japhb.v1i2.953

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Putri, D. I. H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). workshop internet-of-things untuk guru dan siswa sekolah menengah di purwakarta, jawa barat, guna menunjang kompetensi era industri 4.0. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 39–52. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.938

Ginanjar Wiro Sasmito. (2020). Studi pengenalan internet of things bagi guru dan siswa smk bina nusa slawi sebagai wawasan salah satu ciri revolusi industri 4.0. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 186–194. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3692

Irmansyah, M., & Madona, E. (2019). Penerapan iot menggunakan mikrokontroler nodemcu esp8266 untuk meningkatkan kompetensi siswa smk. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat PNP, 1(1), 26–30.

Manfaluthy, M., & Ekawati, R. (2019). Pelatihan internet of things (iot trainer) berbasis esp8266 pada smk al-muhadjirin bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.

Ritonga, A. F., Wahyu, S., & Purnomo, F. O. (2020). Implementasi internet of things (iot) untuk meningkatkan kompetensi siswa smk jakarta 1. Risenologi : Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.57

Santyadiputra, G. S., Putrama, I. M., & Sindu, I. G. P. (2017). Pelatihan internet of things (iot) untuk pelajar tingkat smk di kecamatan buleleng. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK)., 105–111.

Sari, D. S., Heryadi, D., & Alexandri, M. B. (2019). Sosialisasi pengenalan revolusi industri 4.0 dan internet of things (iot) bagi siswa sman 1 cicalengka, jawa barat, indonesia. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.24391

Setiawan, H. S. (2018). Pelatihan guru dalam penggunaan internet of things pada madrasah darussa’adah. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(2), 167–176. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.1554

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyanto, M. P. T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., & Asrori, W. (2015). Implementasi iot (internet of things) dalam pembelajaran di universitas kanjuruhan malang. SMARTICS Journal, 1(1), 20–23.

Yudhanto, Y. (2007). Apa itu iot (internet of things) ? (pp. 1–7). Ilmu Komputer.com.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-28

Cara Mengutip

Wardana, H. K., Yannuansa, N. ., & Ummah, I. . (2022). Pelatihan Kendali Lampu LED Berbasis IoT di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 . Jurnal Anugerah, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4291