Pengenalan Konsep Geometri Bagi Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Pembelajaran Alat Peraga
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4219Kata Kunci:
geometri, tunagrahita, ringan, sekolah dasarAbstrak
Anak berkebutuhan khusus dalam hal ini anak tunagrahita ringan merupakan anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan perilaku (mental) serta daya tangkap lemah sehingga memiliki dampak pada kesadaran dan perkembangan perilaku dalam proses pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengenalkan konsep bangun geometri bagi siswa tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Benpasi, Kota Kefamenanu. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Panti Asuhan SLB Negeri Benpasi, Kota Kefamenanu. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu pelatihan berupa demonstrasi serta pendampingan. Peserta dalam kegiatan ini adalah lima siswa tunagrahita ringan jenjang sekolah dasar. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik, karena didukung dari berbagai pihak seperti kepala sekolah SDLB Negeri Benpasi, Pimpinan Panti Asuhan SLB Benpasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa tunagrahita ringan dalam mengenal konsep bangun geometri. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yaitu ada empat siswa tunagrahita ringan atau 80% menunjukan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab, dan ada satu siswa tunagrahita ringan atau 20% menunjukkan hanya ketepatan namun lambat dalam menjawab.
Unduhan
Referensi
Ariyanti, G., Wicaksono, D. A., & Sari, A. E. R. M. (2021). Pendampingan Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Madiun. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 509–518. https://doi.org/10.20956/pa.v5i4.10924.
Darmiati, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Permainan Kotak Sortasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 2(3).
Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206.
Jaatshiah, A. T. (2021). Pembelajaran jarak jauh bagi anak hambatan intelektual pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ortopedagogia, 7(1), 29–33. https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p29-33.
Jannah, U. R., Putra, F. P. E., Hafsi, A. R., & Basri, H. (2021). Pengembangan Sekolah Inklusi dengan Pemanfaatan Media Visual Scratch dan Alat Peraga Manipulatif. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 89–96. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2653.
Jelatu, S., Lim, M., & Ngoe, M. Y. (2019). Pengenalan Bentuk Geometri bagi Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar Kelas Rendah Melalui Origami. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 195–202. https://doi.org/10.30653/002.201942.134.
Laja, Y. P. W., Simarmata, J. E., & Mone, F. (2021). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memahami Konsep Geometri Berdasarkan Teori Jean Piaget. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2417–2423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4180.
Liandri, E. R. (2021). Pemanfatan Media Geoboard Pada Materi Bangun Datar Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–9.
Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.
Maulidiyah, F. N. (2020). Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 29–33. http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p29-33.
Rini, E. M., Haris, M. F. Al, & Kusumahadi, M. B. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Tunagrahita Kelas 1 Semester 1 Di Sdlb Pgri Singojuruh Berbasis Web. Seminar Nasional Sistem …, 14 September, 724–735. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/download/96/81.
Rohmawati, A., Nihayati, N., & Saqdiah, A. (2022). Sikap Berbahasa Anak Tunagrahita ringan di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 2(1), 161–165. https://doi.org/10.52657/jouese.v2i1.1633.
Saputra, W. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita ringan (Disabilitas Intelektual) di Sekolah Luar Biasa Pangkalpinang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 82–91. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.505.
Simarmata, J. E., Mone, F., Laja, Y. P. W., Hijriani, L., & Ahzan, Z. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Fun Math Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2488–2499. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5281.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Yosiani, N. (2014). Relasi karakteristik anak tunagrahita ringan dengan pola tata ruang belajar di sekolah luar biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–124.