Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan IPK Berbasis KIkuduko bagi Guru Matematika di Kota Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3907Kata Kunci:
penyusunan IPK, KIkudukoAbstrak
Hal paling dasar dalam penyusunan RPP salah satunya adalah penyusunan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Mengingat hal itu sangat fundamental, maka dari itu perlu adanya pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru Matematika untuk dapat menyusun IPK sendiri sesuai kemampuan kognitif dan kebutuhan siswa berbasis KIkuduko (Kompetensi, Indikator kunci, pendukung dan kompleks). Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dalam penyusunan IPK berbasis KIkuduko dalam upaya meningkatkan kompetensi para guru. Metode yang digunakan adalah presentasi, workshop, diskusi dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan diikuti 50 orang dari wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan penyusunan IPK berbasis KIkuduko ini adalah peserta pelatihan sudah mampu menyusun IPK berbasis KIkuduko. Pengabdian ini juga mendapat respon kepuasan dari peserta dengan rata-rata 95,17% memberikan respons sangat baik, dengan penjabaran aspek pertama tentang relevansi kegiatan dengan bidang pekerjaan responnya sangat baik sebesar 99%, aspek kedua terkait daya tarik materi paparan respons sangat baik sebesar 95%, aspek ketiga tentang kepraktisan/kemudahan dalam memahami materi respons sangat baik sebesar 92%, aspek keempat mengenai Desain Program respons sangat baik sebesar 93%, aspek kelima yang memuat umpan balik respons sangat baik sebesar 96%, dan aspek keenam tentang rekomendasi respons sebesar 96%.
Unduhan
Referensi
Asf, J., & Mustofa, S. (2013). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryati, S., & Wijiyanto. (2018). Kendala guru dalam pengembangan indikator pencapaian kompetensi kajian ketahanan nasional pada pembelajaran PPKn sekolah menengah kejuruan. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018 (pp. 1 – 7). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Indaryanti, Hiltrimartin, C., Hartono, Y., & Araiku, J. (2020). Panduan Penyusunan Indikator Pencapaian Kompetensi berbasis KIkuduko (Kompetensi, Indikator, kunci, pendukung, kompleks). Palembang: Bening Media Publishing.
Indaryanti, Susanti , E., Aisyah, N., & Scristia. (2019). Analisis kesesuaian indikator terhadap kompetensi dasar pada pelajaran matematika oleh guru sekolah menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2),103-109. doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429
Kustiati, T. (2019). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. (pp. 307 – 313). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Nuraeni, Z. & Retnawati, H. (2016). The post-certification performance of mathematics teachers. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(2),130-142.
Parlobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di Kota Merauke. Jurnal Sebatik, 23(2),307 – 316.
Pratiwi, D. R., Rahmawati, F. P., Salim, A., & Pujiati, K. S. (2017). Peningkatan kompetensi guru SMA/ SMK Muhammadiyah Kartasura dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi dasar. The 5th URECOL Proceeding (pp. 1602 – 1606). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Rasyid, R., Amran, M., & Satriani (2021) Analisis kesulitan guru dalam mengembangkan indikator pembelajaran kurukulum 2013 SDN 210 Bottopenno. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2),180-199. doi.org/10.36379/autentik.v5i2.146