Penguatan Paradigma Siswa SMK Penerbangan Terhadap Peran dan Kompetensi Matematika bagi Masa Depan
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3512Kata Kunci:
paradigma, peran dan kompetensi, matematika, SMK PenerbanganAbstrak
SMK Penerbangan yang berlatar belakang teknik, tidak dapat dilepaskan dengan matematika dan aplikasinya. Pembelajaran matematika saat ini berorientasi pada penggunaan teknologi supaya menjadi problem solver, kolaborator, komunikator, dan kreator yang efektif. Seperti pada masa pandemi COVID-19 dimana siswa belajar online, maka kemampuan siswa menggunakan program atau software sangat diperlukan. Generasi Z saat ini dipercaya lebih mahir dalam menggunakan komputer, namun kenyataannya masih banyak siswa, bahkan sampai jenjang mahasiswa, yang belum mengetahui hal – hal sederhana dalam teknologi matematika seperti penulisan equation atau plotting grafik di Microsoft office. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan motivasi dan penguatan paradigma melalui penanaman peran matematika dan pelatihan kompetensi matematika pada siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Hasil dari kegiatan ini, siswa mengalami penguatan paradigma kearah positif tentang peranan matematika secara instan. Siswa juga menyadari bahwa peranan matematika dalam kehidupan tidak bisa dipandang sebelah mata, karena semua lini kehidupan bergantung kepada Ilmu Matematika. Selain itu, siswa juga mendapatkan ilmu baru tentang kompetensi – kompetensi matematika di era teknologi yang cenderung diabaikan seperti penulisan rumus matematika menggunakan equation di MS. Word, menggambar grafik di MS. Excel dan lainnya. Pemberian motivasi dan penanaman peran matematika seperti ini dapat menjadi sarana untuk mendorong siswa mencintai matematika.
Unduhan
Referensi
Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan e-learning sebagai pendukung adaptive learning dan peningkatan kompetensi siswa SMK di Kabupaten Bantul. Taman Vokasi, 2(2), 170. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i2.2475
Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2019). Pemberian penguatan (reinforcement) verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas VIII MTsN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246
Asmara, A. S., & Junaedi, I. (2018). Trend paradigma dalam pendidikan matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 309–314. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p309-314
Fatima, R. (2012). Role of mathematics in the development of society. National Meet on Celebration of National Year of Mathematics, 1–14.
Flegg, J., Mallet, D., & Lupton, M. (2012). Students’ perceptions of the relevance of mathematics in engineering. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 43(6), 717–732. https://doi.org/10.1080/0020739X.2011.644333
Grootenboer, P. (2003). The affective views of primary school children. International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3(1997), 1–8.
Habibullah, H., & Nuri, B. (2017). Pembelajaran matematika di era Milenium Ke-3. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, January 2017, 329–334. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-49.pdf
Harmastuti, & Setyowati, D. (2018). Pemanfaatan microsoft excel untuk pembelajaran matematika dan grafik. Jurnal Dharma Bakti, 1(1), 57–66.
M. Suzanne Donovan, John D. Bransford, and J. W. P. (1999). How people learn: bridging research and practice. In National Academy of Sciences.
Miller, Linda Musun; Knabe, B. B. (1998). Adults’ beliefs about children and mathematics: how important is it and how do children learn about it? Infant and Child Development, 7(4), 191–202.
Muslim. (2016). Varian-varian paradigma, pendekatan, metode, dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654
Mutodi, P., & Ngirande, H. (2014). Exploring mathematics anxiety: Mathematics students’ experiences. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(1), 283–294. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n1p283
Pratama, R. A. (2016). Pemanfaataan equation editor dalam penulisan notasi matematika mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan. AdMathEdu, 6(2), 201–210.
Queiruga-Dios, A., Jesus Santos Sanchez, M., Perez, J. J. B., Martin-Vaquero, J., Encinas, A. H., Gocheva-Ilieva, S., Demlova, M., Rasteiro, D. D., Caridade, C., & Gayoso-Martinez, V. (2018). Evaluating engineering competencies: A new paradigm. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2018-April(April), 2052–2055. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2018.8363490
Shapiro, J. (2014). 5 Things You Need To Know About The Future Of Math. https://www.forbes.com/sites/jordanshapiro/2014/07/24/5-things-you-need-to-know-about-the-future-of-math/?sh=45b24508590e
Subali, B., Rusdiana, D., Firman, H., & Kaniawati, I. (2015). Analisis kemampuan interpretasi grafik kinematika pada mahasiswa calon guru fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015(Snips), 269–272.
Suyitno, H., Waluya, S. B., & Artikel, S. (2018). Dampak perubahan paradigma baru matematika terhadap kurikulum dan pembelajaran matematika di Indonesia. 1(1), 38–47.
Vazquez, J. L. (2001). The Importance of Mathematics in the Development of Science and Technology.
Young-Loveridge, J., Taylor, M., Sharma, S. & Hawera, N. (2006). Students’ perspectives on the nature of mathematics. In P. Grootenboer, R. Zevenbergen & M. Chinnappan (Eds.), Identities, Cultures and Learning Spaces. 29th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. Adelaide, SA., MERGA Inc, Canberra, Australia: 1-5 July, 2006, 2, 583–590. https://doi.org/10.1007/BF02778421