Pelatihan Software SPSS untuk Menghitung Validitas, Reliabilitas, dan Analisis Butir Soal bagi Mahasiswa Calon Guru di Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3383Kata Kunci:
software, SPSS, validitas, reliabilitas, analisis butir soalAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih calon guru di wilayah Palembang untuk dapat menghitung validitas, reliabilitas dan analisis butir soal menggunakan software SPSS serta untuk mengetahui respons kepuasan mahasiswa calon guru di wilayah Palembang terhadap kegiatan pelatihan perhitungan validitas, reliabilitas dan analisis butir soal menggunakan software SPSS ini. Kegiatan ini dilakukan dengan metode presentasi dan demonstrasi. Kegiatan ini diikuti oleh 40 mahasiswa calon guru di wilayah Palembang. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan sudah memahami software SPSS dengan baik untuk menghitung validitas, reliabilitas dan analisis butir soal dilihat dari persentase hasil tugas yaitu 81,58% tugas sangat tepat, 13,16% tugas kurang tepat, dan 5,26% tugas tidak tepat. Kegiatan pengabdian ini juga mendapat respon kepuasan 47,5% sangat baik, 42,92% baik, 8,33% cukup dan 1,25% kurang. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam kegiatan ini adalah: (1) perlunya menyiapkan bahan dan video tutorial dengan penjelasan yang lebih pelan dan mendetail agar masing-masing peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, (2) setiap peserta harus sudah menginstall software SPSS ini di komputernya masing-masing, sehingga langsung bisa mempraktikkan sendiri dengan mengikuti instruksi dari narasumber, (3) kegiatan serupa perlu dilaksanakan dengan waktu yang lebih panjang sehingga pelatihan menjadi lebih mendalam.
Unduhan
Referensi
Berdo, S. (2010). Education factor and human resources development: Albania case. Vlorë, Albania: University Pavaresia Press.
Fauziyah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan pengolahan data menggunakan aplikasi software SPSS. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129-136.
Fitrianawati, M. (2017). Peran analisis butir soal guna meningkatkan kualitas butir soal, kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa (pp. 282-295). Surakarta: UMS.
Hasyim, M., & Listiawan, T. (2014). Penerapan aplikasi IBM software SPSS untuk analisis data bagi pengajar pondok hidayatul mubtadi'in ngunut tulungagung demi meningkatkan kualitas pembelajaran dan kreativitas karya ilmiah guru. J- Adimas, 2(1), 28-35.
Mujimin (2010). Kompetensi guru dalam menyusun butir soal pada mata pelajaran bahasa jawa di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan: journal ofeducational research, 39(2), 45-51.
Nuraeni, Z., & Retnawati, H. (2016). The post-certification performance of mathematics teachers. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(2), 130-142.
Nuraeni, Z. (2016). Self-assessment of teachers of mathematics vocational high school in Yogyakarta city on the performance post-certification. Proceeding ICERE 2016. (pp. 200-205). Yogyakarta: UNY.
Putra, Z., Hasan, I., Budianto, Maulidasari, C.D., & Chan, S. (2018). Pelatihan pengolahan data penelitian dengan software SPSS bagi mahasiswa lintas perguruan tinggi dalam Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Jurnal ABDIMAS, 3, 1-7.
Rokhayati, R. (2016). Validitas dan reliabilitas tes sumatif buatan guru bahasa indonesia di Kecamatan Limo. Deiksis, 8 (3), 302 – 315.
Sihombing, D., & Sihombing, M. (2011). Analisis korelasi motivasi kerja dengan kinerja guru. Jurnal Darma Agung, J – DA, 1(1), 101-104.
Trihantoro, J. (2019). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan British Council Indonesia di Jakarta. Journal of Economics & Business, 8(2), 142-149.
Wibowo, C. H. (2015). Problematika profesi guru dan solusinya bagi peningkatan kualitas pendidikan di MTs. Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. (Tesis tidak diterbitkan). UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Yuliardi, R., & Nuraeni, Z., (2017). Statiska Penelitian plus tutorial software SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.