Pengenalan dunia dirgantara melalui edukasi regulasi penggunaan drone untuk videografi di SMA Muhammadiyah I Karanganyar

Penulis

  • Esa Rengganis Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Harliyus Agustian Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
  • Rindu Alriavindra Funny Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.7186

Kata Kunci:

drone, edukasi regulasi, pengabdian masyarakat, SMA Muhammadiyah, videografi

Abstrak

Drone atau pesawat tanpa awak (UAV) makin banyak dimanfaatkan dalam produksi konten kreatif, termasuk oleh siswa sekolah menengah, namun literasi terhadap regulasi penggunaannya masih rendah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah I Karanganyar dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran, serta kesiapan siswa dalam menggunakan drone secara aman dan sesuai hukum, khususnya dalam konteks videografi. Kegiatan melibatkan 200 siswa melalui metode penyuluhan, demonstrasi teknis, serta praktik berbasis proyek. Instrumen evaluasi yang digunakan meliputi kuesioner pre-test dan post-test yang mencakup aspek pemahaman regulasi, kesadaran hukum dan etika, serta kesiapan operasional, disertai lembar observasi partisipasi siswa. Teknik analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif melalui analisis persentase peningkatan skor serta deskripsi pola keterlibatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata sebesar 28–41% pada tiga aspek yang diukur, dengan partisipasi aktif tercatat lebih dari 80% peserta. Temuan ini menunjukkan bahwa model edukasi regulatif berbasis praktik langsung efektif dalam membentuk literasi hukum dan etika teknologi pada generasi muda, serta dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum literasi drone di lingkungan pendidikan menengah.

Biografi Penulis

  • Esa Rengganis, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

    Teknik Industri

  • Harliyus Agustian , Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

    Informatika

Referensi

Tabbu, M. A. S., & Abidin, M. R. (2024). PKM peningkatan kapasitas guru SMKN 5 Barru dalam penerapan teknologi unmanned aeral vehicle sebagai media pembelajaran inovatif berbasis pemetaan. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 90-106. https://doi.org/10.35877/panrannuangku3004

Clothier, R. A., Greer, D. A., Greer, D. G., & Mehta, A. M. (2015). Risk perception and the public acceptance of drones. Risk analysis, 35(6), 1167-1183. https://doi.org/10.1111/risa.12330

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Danardono, D., Sunariya, M. I. T., & Fikriyah, V. N. (2020). Peningkatan ketrampilan siswa dalam menghadapi perkembangan keilmuan geografi era 4.0 melalui pengenalan drone mapping. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 104-111. https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4356

Faqih. (2018). Panduan pengoperasian drone untuk fotografi dan videografi (M. I. Fanani & Cetakan (Eds.); Issue March). Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang.

Funny, R. A. (2020). Pelatihan pengembangan kegiatan pembelajaran matematika berbasis teknologi bagi guru SMA Angkasa Adisutjipto. Jurnal Anugerah, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2388

Hidayat, A. R. (2019). Drone tiba-tiba muncul di jalur pesawat. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/utama/2019/01/01/drone-tiba-tiba-muncul-di-jalur-pesawat

Hirsan, F. P., Kurniawan, A., Ridha, R., & Yuniarman, A. (2023). Bahaya penggunaan drone pada area KKOP di sekitar bandara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2663. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14968

Hussin, H., Jiea, P. Y., Rosly, R. N. R., & Omar, S. R. (2019). Integrated 21st century science, technology, engineering, mathematics (STEM) education through robotics project-based learning. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 204–211. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7222

Khotimah, R. P., Adnan, M., Ahmad, C. N. C., & Murtiyasa, B. (2021). Science, mathematics, engineering, and mathematics (STEM) education in Indonesia: A Literature Review. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012028

Kumparan Bisnis. Drone masuk area bandara Soekarno Hatta, 8 penerbangan terganggu. (2019). https://kumparan.com/kumparanbisnis/drone-masuk-area-bandara-soetta-8-penerbangan-terganggu1qw50TA9lx

Owen, R., Stilgoe, J., Macnaghten, P., Gorman, M., Fisher, E., & Guston, D. (2013). A framework for responsible innovation. responsible innovation: Managing the responsible emergence of science and innovation in society, April, 27–50. https://doi.org/10.1002/9781118551424.ch2

Petrovič, P., & Verčimák, P. (2024). Using programmable drone in educational projects and competitions. arXiv preprint arXiv:2402.17409. https://doi.org/10.21125/edulearn.2023.1472

Sadiatmi, R., Rudy, R., Amir, E., & Sinaga, M. T. A. (2023). Sosialisasi rambu-rambu penggunaan drone bagi pemula (di SMK Dirganthara Curug). Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 3(1), 131–134. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v3i1.61

Salma. (2023). UGM first campus to provide certified drone remote pilot training in Indonesia. https://ugm.ac.id/en/news/ugm-first-campus-to-provide-certified-drone-remote-pilot-training-in-indonesia/

Shakhatreh, H., Sawalmeh, A. H., Al-Fuqaha, A., Dou, Z., Almaita, E., Khalil, ... Guizani, M. (2019). Unmanned aerial vehicles (UAVs): A survey on civil applications and key research challenges. IEEE Access, 7, 48572–48634. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2909530

Shui Ng, W., & Cheng, G. (2019). Integrating drone technology in STEM education: A case study to assess teachers’ readiness and training needs. Issues in Informing Science and Information Technology, 16, 061–070. https://doi.org/10.28945/4288

Sun, D., Zheng, J. H., Ma, T., Chen, J. J., & Li, X. (2018). The analysis of burrows recognition accuracy in Xinjiang’s pasture area based on UAV visible images with different spatial resolution. International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences - ISPRS Archives, 42(3), 1575– 1579. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLII-3-1575-2018

Susanto, P. C., & Keke, Y. (2020). Implementasi regulasi international civil aviation organization (ICAO) pada penerbangan Indonesia. Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 16(1), 53–65. https://doi.org/10.52186/aviasi.v16i1.23

Syahputra, F., & Amonda, R. (2024). Penguatan literasi teknologi bagi anak-anak gampong cot suruy : Drone sebagai media pembelajaran kreatif. 2, 462–469.

Widagdo, R. A., Widodo, D. W., Noorwahyu, A., & Aviantara, G. (2024). Pengenalan teknologi penerbangan drone untuk fotografi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru, 5(01), 39–45. https://doi.org/10.54147/jpkm.v5i01.1046

Yeung, R. C. Y., Sun, D., & Yeung, C. H. (2025). Integrating drone technology in STEM education: Curriculum, pedagogy and learning outcomes. In Education and Information Technologies (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-025-13368-0

Diterbitkan

2025-05-29