Pendampingan Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6422Kata Kunci:
LKPD, pemecahan masalah, pendampingan MGMP matematikaAbstrak
Pemecahan masalah matematika merupakan satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS). Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di Indonesia disebabkan salah satunya karena peserta didik belum terbiasa menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Selain itu, dalam buku cetak, referensi, atau LKPD yang digunakan peserta didik belum berbasis pemecahan masalah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pendampingan yang bertujuan untuk mendukung Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah yang dapat digunakan peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 23 Sekolah Menengah Atas dan sederajat dari Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan tiga tahapan yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan MGMP Matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah menunjukkan ketercapaian kegiatan sebesar 86,67%. Di mana indikator ketercapaian pelatihan tertinggi terletak pada materi PkM yang diberikan dalam bentuk kegiatan pendampingan MGMP Matematika dalam merancang LKPD berbasis pemecahan masalah telah sesuai dengan kebutuhan peserta. Kegiatan PkM ini menghasilkan LKPD berbasis pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk pembelajaran bagi peserta didik.
Referensi
Amadea, K., & Ayuningtyas, M. (2020). Perbandingan efektivitas pembelajaran sinkronus dan asinkronus pada materi program linear. Jurnal PRIMATIKA, 9(2), 11–20.
Anugraheni, I. (2019). Pengaruh pembelajaran problem solving model polya terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1--6
Arlianti, A., Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2021). Analisis respon dan keaktifan peserta didik terhadap pembelajaran daring menggunakan zoom. Jurnal Dharma PGSD, 2(1), 94-103.
Choirudin, C., Anwar, M. S., & Khabibah, N. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem solving. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.3590
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Firman, F., Sari, A. P., & Firdaus. (2021). Aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran daring berbasis konferensi video: refleksi pembelajaran menggunakan zoom dan google meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(2), 130–137. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.969
Gideon, S., & Rahmansyah, A. A. (2021). Implementasi pembelajaran sinkronus pada mata kuliah fisika 1 menggunakan discord dipadukan dengan google jamboard dan powerpoint. Physics Education Research Journal, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6570
Gustiningsi, T., & Utari, R. S. (2021). Developing of higher order thinking skill (HOTS) mathematical problems with cartesian coordinate material. Proceedings of the 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020), 561–566. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.163
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-
SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56.
Ikaningrum, R. E., Indriani, L., & Amalia, I. K. (2023). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media presentasi dalam mendukung pembelajaran di kelas bagi guru SD di Magelang. Jurnal Anugerah, 5(2), 233–245. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6361
Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diambil dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. (2019). Problem solving in mathematics education. Spinger Open. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40730-2
Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model means ends analysis (MEA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–25.
Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25–33.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Permendikbudristek Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, Kemdikbud 1 (2022). https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/tentang-kemdikbud/rencana-strategis-renstra
Polya, G. (1973). How to solve it. Princeton University Press.
Pratiwi, R. D., Rahmaludin, J., & Rohaeti, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi transformasi geometri kelas ix. Jurnal Matematika Ilmiah : JuMlahku, 7(2), 79–89. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1431
Rahayu, D., & Budiono. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pemecahan masalah materi bangun datar. Jurnal PGSD (JPGSD), 6(3), 249–259.
Risma, A., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 297–303.
Susanti, S., Sumarni, E., & Putri, N. H. S. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan konteks kemaritiman bagi guru di SMP N 1 Bintan. Jurnal Anugerah, 5(2), 147–159. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6318
Upa’, R., Rahayu, S., & Tangkelangi, N. I. (2022). Pendampingan guru SMP dalam merancang dan menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris siswa melalui kegiatan lesson study. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Abdimas Langkanae, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.53769/abdimas.2.2.2022.67
Utari, R. S., & Gustiningsi, T. (2021). Developing of higher order thinking skill in relation and function to support student’s creative thinking. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 49–60. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.12876.49-60
Utari, R. S., & Ulya, D. (2019). Strategi siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS) pada materi statistika. National Conference on Mathematics Education, 123–131.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Anugerah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.