Note-taking untuk melatih keterampilan belajar siswa sekolah Madrasah Aliyah

Authors

  • Melati Melati Universitas Jambi
  • Radiatan Mardiah Universitas Jambi
  • Nyimas Triyana Safitri Universitas Jambi
  • Nely Arif Universitas Jambi
  • Lilik Ulfiati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6457

Keywords:

keterampilan belajar, note-taking digital, note-taking konvensional

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk melatih siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Swasta Al-Mahdaliyah Kota Jambi dalam melakukan note-taking secara konvensional dan digital. Note- taking konvensional berarti mencatat menggunakan kertas dan pena, sedangkan note-taking digital adalah mencatat dengan menggunakan aplikasi pada gawai. Dengan memberikan pelatihan keterampilan note-taking yang efektif diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan mencatat untuk meningkatkan kinerja akademik mereka, tidak mudah lupa pada pelajaran, dan mengembangkan critical thinking (karena bisa menganalisis informasi dan mengaplikasikannya dalam buku catatan). Selain itu, siswa bisa berlatih mengembangkan teknik note-taking mereka sendiri agar menjadi lebih efektif. Metode yang diberikan dalam kegiatan PkM adalah pelatihan, modelling, dan tindak lanjut berupa pengimplementasian note-taking dalam pembelajaran. Kemudian, angket refleksi kegiatan diisi siswa setelah pemberian materi dan praktik. Hasil analisis kualitatif pada data angket tersebut menunjukkan bahwa siswa memilik persepsi yang positif terhadap materi pelatihan note-taking dan mulai mengenal teknik note-taking secara digital. Mayoritas siswa mengatakan akan menggunakan teknik yang diajarkan untuk membuat catatan dalam pembelajaran yang mereka lakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Melati, M., Mardiah, R., Safitri, N. T., Arif, N., & Ulfiati, L. (2024). Note-taking untuk melatih keterampilan belajar siswa sekolah Madrasah Aliyah. Jurnal Anugerah, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6457