Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Presentasi dalam Mendukung Pembelajaran di Kelas bagi Guru SD di Magelang

Authors

  • Rini Estiyowati Ikaningrum Universitas Tidar
  • Lilia Indriani Universitas Tidar
  • Irene Kendy Amalia Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6361

Keywords:

aplikasi canva, media presentasi pembelajaran

Abstract

Saat ini, semua sekolah berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Guru sebagai fasilitator di dalam kelas diharapkan mampu untuk menampilkan proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi. Meskipun kendala yang dihadapi guru dalam hal pemanfaatan teknologi masih sering ditemui, namun ternyata masih ada kelompok guru yang ingin terus mengembangkan kemampuan di bidang pengajaran. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan sangat diperlukan untuk membantu guru-guru dalam memanfaatkan teknologi. Tujuan kegiatan pendampingan yaitu mendampingi guru dalam mengenal fitur aplikasi Canva, mendesain template, layout dan gaya desain yang menarik untuk media presentasi yang digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, tim pengabdian ingin mengetahui bagaimana respons guru dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan. Metode yang dilakukan terbagi menjadi beberapa tahap yaitu: observasi, sosialisasi pelaksanaan, pendampingan dan evaluasi. Mitra dari kegiatan pendampingan ini yaitu guru SD Kramat 5 di Wilayah Magelang. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi langsung, wawancara serta angket yang dianalisis secara deskriptif. Dari kegiatan pendampingan didapatkan hasil bahwa para guru tampak antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan pendampingan dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Selain itu, kegiatan ini menghasilkan luaran berupa media canva yang dibuat para guru untuk digunakan dalam kegiatan presentasi materi dan diskusi di kelas. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan pemanfaatan aplikasi Canva ini dapat memberikan manfaat bagi para guru SD dalam memvariasikan kegiatan pembelajaran yang sebelumnya lebih banyak menggunakan buku atau media presentasi konvensional menjadi menggunakan aplikasi yang lebih menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bradley. (2015). Social Media for Creative Libraries.

Erwin, J., & Pedroso, P. (2023). Canva Tool Students' Views on Using Canva as an All-In-One Tool for Creativity and Collaboration. Article in JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION. Retrieved from https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i1.117.

Fauziyah, N., Priyanto Widodo, J., & Yappi, S. (2022). The Use of 'Canva for Education' and the Students' Perceptions of Its Effectiveness in the Writing Procedure Text. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). Retrieved from https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4359

Fitria, T. (2022, 6). USING CANVA AS MEDIA FOR ENGLISH LANGUAGE TEACHING (ELT) IN DEVELOPING CREATIVITY FOR INFORMATICS STUDENTS’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58.

Friatin, N., & Irianti, L. (2023). The Teacher's Perception of Using Canva Application In Teaching Creative Writing. English Review: Journal of English Education Program (JEEP), 10(2), 131-140. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jeep

Gehred. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association.

Haake. (2021). The Language Teacher Rebel: A guide to building a successful online teaching business. Facet Publishing.

Havas, V., Waris, O., Vaquero, L., Rodríguez-Fornells, A., & Laine, M. (2015). Morphological learning in a novel language: A cross-language comparison. Quarterly Journal of Experimental Psychology, 1426-1441.

Junaedi, S., Pawiyatan Luhur, J., & Duwur, B. (2021). APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIFITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ENGLISH FOR INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY. Bangun Rekaprima.

Maryunani. (2021). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 1, 190-196.

Nurhidayat, E. (2021). UTILIZING CANVA AS DIGITAL TOOLS TO TEACH GRAMMAR IN REMOTE LEARNING PERIOD. Journal of English Language Learning (JELL), 5(2), 95-99.

Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG. Jurnal Sasindo Unpam, 79-96.

Rahmatullah, I. A. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. Retrieved from www.canva.com.

Rezkyana, D., & Agustini, S. (2022, 3). The Use of Canva in Teaching Writing. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 3, 71-74.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ikaningrum, R. E., Indriani, L., & Amalia, I. K. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Presentasi dalam Mendukung Pembelajaran di Kelas bagi Guru SD di Magelang. Jurnal Anugerah, 5(2), 233–245. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6361