Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6132Keywords:
kurikulum merdeka, pencegahan kekerasan, pengembangan mediaAbstract
Kegiatan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis kurikulum merdeka berangkat dari permasalahan kekerasan yang sering terjadi di sekolah SD Al Washliyah Langsa dan keinginan guru untuk berlatih dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Kemudian masih terdapat guru yang belum bisa membuat media ajar pencegahan kekerasan dan belum ada guru mengembangkan media ajar pencegahan kekerasan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang memuat materi pencegahan kekerasan. Kurikulum merdeka yang telah ditetapkan pemerintah merupakan salah satu upaya agar suasana sekolah aman dan nyaman. Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka kegiatan ini diselenggarakan dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD). Data peningkatan kemampuan guru diperoleh melalui tes pemahaman dan dianalisis menggunakan uji deskriptif. Pelatihan ini telah meningkatkan kemampuan 25 orang guru Sekolah Dasar dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang memuat materi pencegahan kekerasan.
Downloads
References
Ariyanto, R. D., Andrianie, S., Arofah, L., & Nawantara, R. D. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis karakter religius menggunakan canva di sdn tanon 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(2), 65-74.
Arslan, G., Allen, K. A., & Tanhan, A. (2021). School bullying, mental health, and wellbeing in adolescents: Mediating impact of positive psychological orientations. Child Indicators Research, 14, 1007-1026.
Awwaliansyah, I., & Shunhaji, A. (2022). Pencegahan kekerasan di sekolah melalui character building dalam pendekatan al-qur’an. El Madani: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 3(02), 146-164.
Chan, H. C., & Wong, D. S. (2019). Traditional school bullying and cyberbullying perpetration: examining the psychosocial characteristics of hong kong male and female adolescents. Youth & Society, 51(1), 3-29.
Chou, W. J., Wang, P. W., Hsiao, R. C., Hu, H. F., & Yen, C. F. (2020). Role of school bullying involvement in depression, anxiety, suicidality, and low self-esteem among adolescents with high-functioning autism spectrum disorder. Frontiers in psychiatry, 11, 9.
Damayanti, P. D. S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Cahyani, A. D., & Tilova, M. H. (2023). Peranan psikologi pendidikan untuk pencegahan kekerasan siswa sekolah dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1-9.
Dinas PPPA 10/06/2022. Jumlah kekerasan dan bentuk kekerasan terhadap anak tahun januari s_d April 2022
Ding, Y., Li, D., Li, X., Xiao, J., Zhang, H., & Wang, Y. (2020). Profiles of adolescent traditional and cyber bullying and victimization: the role of demographic, individual, family, school, and peer factors. Computers in Human Behavior, 111, 106439.
Fredrick, S. S., Jenkins, L. N., & Ray, K. (2020). Dimensions of empathy and bystander intervention in bullying in elementary school. Journal of school psychology, 79, 31-42.
Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. F. (2020). Pengembangan aplikasi strategi pencegahan perilaku kekerasan (bullying) pada sekolah dasar di kota jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190-194.
Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417.
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan guru sekolah dasar dalam pembuatan media pembelajaran berbasis kearifan lokaL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533-543.
Kartikosari, R., & Setyawan, I. (2020). Hubungan kecerdasan interpersonal dengan intensi kekerasan pada siswa sekolah menengah pertama h. isriati Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 591-596.
Keysinaya, E. Y., & Nuraeni. (2022). Peran unicef indonesia menangani kekerasan di sekolah melalui program roots. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 8(2), 207–224. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i2.22258(29) .
Lee, J., Hong, J. S., Resko, S. M., & Tripodi, S. J. (2018). Face-to-face bullying, cyberbullying, and multiple forms of substance use among school-age adolescents in the USA. School mental health, 10, 12-25.
Novianti, N., Maula, L. H., & Amalia, A. R. (2022). Penerapan media pembelajaran takbar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1682-1693.
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.
Prasetiawan, H., Wahyudi, A., & Kurniawan, S. J. (2020, December). Pelatihan gerakan anti kekerasan (gap) untuk meningkatkan nilai sosial pada siswa sekolah menengah pertama di wilayah bantul. in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020SH-77).
Pratiwi, N. A., Oktavia, T., Sakarsari, N., Nanda, V. P., Jannah, M., & Qomisatun, P. A. (2022). Studi kasus kekerasan terhadap belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8643-8646.
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan media google site dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas belajar peserta didik sekolah dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163-172.
Puspita, A. M. I., & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan media pop-up book berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter gotong royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 915-922.
Putri, Q. O. P. (2022). Upaya unicef mengatasi bullying dan hukuman fisik di sekolah indonesia tahun 2018-2020. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3171-3183.
Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 tegalampel bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).
Shelley, W. W., Pickett, J. T., Mancini, C., McDougle, R. D., Rissler, G., & Cleary, H. (2021). Race, bullying, and public perceptions of school and university safety. Journal of interpersonal violence, 36(1-2), NP824-NP849.
Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya membangun kedisplinan melalui media wordwall dalam pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845-1857.
Sinsuw, A. A., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(3), 105-110.
SNPHAR. (2019). Hasil survei nasional pengalaman hidup anak dan remaja snphar tahun 2018. kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (Kemen PPPA), bidang perlindungan anak. Jakarta: kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (Kemen PPPA).
Thornberg, R., & Delby, H. (2019). How do secondary school students explain bullying?. Educational Research, 61(2), 142-160.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).
Zuliana, E., Oktavianti, I., Ratnasari, Y., & Bintoro, H. S. (2020). Design and application of marionette tangram: An educational teaching media for mathematics and social science learning process in elementary schools. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 931-935.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Anugerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.