Pemanfaatan Edpuzzle untuk Mendukung PBL pada Sekolah Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5346Keywords:
edpuzzle, pbl, video, sekolah kejuruanAbstract
Sekolah kejuruan merupakan salah satu penghasil sumber daya manusia yang bertalenta. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia mendesain ulang kurikulum yang disebut Program Merdeka Belajar. Program ini berkaitan dengan Project Based Learning (PBL). Namun kenyataannya, dalam mengimplementasikan PBL, guru di salah satu SMK di Bali menghadapi tantangan dalam memberikan materi video untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan memastikan mereka memahami materi tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan Edpuzzle di kelas diusulkan dalam bentuk pelatihan. Peserta pelatihan ini adalah SMK Negeri 1 Kuta Selatan. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih para guru menggunakan Edpuzzle untuk membuat video menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif. Hasil dari pelatihan ini adalah guru menguasai penggunaan Edpuzzle untuk mendukung kegiatan PBL yang diukur dengan menggunakan survei dan dianalisis secara deskriptif. Sehingga hasil dari pelatihan tersebut dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran di kelas baik daring maupun luring untuk mendukung PBL.
Downloads
References
Alamsyah, S., & Budimanjaya, A. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Prenadamedia Group.
Fitri, R., Mustika, H., & S, I. F. A. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Equation, 5.
Haghegh, M., & Nugroho, A. (2021). Video-Based Flipped Learning in Higher Education: Effects on Students’ Learning Motivation, Attitudes, and Engagement. Journal of Educational Management and Instruction (JEMIN), 1(2), 92–101.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.
Jauhar, A. R. G. H. (2021). Sistem Monitoring Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Metode Spy-Agent di SMKN 1 Surabaya. Jurnal IT-EDU, 05, 702–712.
Kasih, A. P. (2021, April 22). Mendikbud Nadiem Dorong Pembelajaran “Project Based Learningâ€Â, Seperti Apa? Kompas.Com.
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Muhsin, M. A., & Sastrawati, I. (2019). Pengaruh Teacher Feedback terhadap Kemampuan Murid dalam Pembelajaran Writing. Konfiks: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 25–31.
Nurhanisah, Y. (2021). Merdeka Belajar Siapkan SMK Unggulan. Indonesiabaik.Id.
Oktari, R. (2021). Siapkah Kamu Jadi Generasi Emas 2045. Indonesiabaik.Id.
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127–135.
Ridwan, W. A. (2021). Penyusunan Kurikulum Outcome Base Education (OBE) & Pelaksanaan Metoda Pembelajaran Project Base Learning (PjBL). https://www.lldikti4.or.id/wp-content/uploads/2021/10/KURIKULUM-OBE-DAN-PELAKSANAAN-PjBL-L2DIKTI-4-19-10-2021.pdf
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48.
Sugestiana, Yani, N. F., & Nuriadin, I. (2022). Mendesain Pembelajaran dengan Model Discovery Learning Perbantuan Edpuzzle dalam Optimalisasi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 98–107.
Supanji, T. H. (2022). Wujudkan Generasi Indonesia Emas Melalui Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. KEMENKOPMK.
Susilawati, & Sahara, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL dan PjBL Terhadap Kompetensi Kognitif pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Rengasdengklok. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 98–104.
UMT, T. K. M. (2022). Kilasan Merdeka Belajar Episode 1-22. Kampusmerdekaumt.Ac.Id.
Won, Y., & Park, Y. (2021). Effectiveness of PBL Based on Flipped Learning for Middle School English Classes. Journal of the Korea Convergence Society, 12(11), 185–191.
Wulan, D. C. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Video. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1337–1343.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.