Pemantapan Penguasaan Materi Geometri Guru Matematika Sekolah Pertama Melalui Penyusunan Bahan Ajar
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.5160Keywords:
pengabdian kepada masyarakat, pendampingan guru, geometriAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memantapkan penguasaan guru SMP pada materi geometri melalui penyusunan bahan ajar. Pengabdian kepada Masyarakat ini dalam pelaksanaannya menggunakan metode workshop dan pendampingan. Workshop berupa pemantapan materi Geometri, analisis KD, tujuan pembelajaran, dan materi prasyarat, sedangkan pendampingan berupa kegiatan mendampingi guru selama proses penyusunan bahan ajar materi Geometri. Khalayak sasarannya adalah guru-guru MGMP Matematika SMP di Kota Pagaralam sebanyak 13 orang. Sebanyak 82,08% peserta sangat setuju pengabdian seperti ini dapat memberikan pemantapan penguasaan materi Geometri, analisis KD, tujuan pembelajaran, dan materi prasyaratnya melalui penyusunan bahan ajar. Berdasarkan hasil angket, diketahui seluruh peserta menyatakan bahwa rangkaian kegiatan ini dapat menambah pemantapan pengetahuan mereka terkait materi geometri terutama dalam kemampuan menganalisis KD materi Geometri dan materi prasyaratnya, peserta menyatakan setuju bahwa kompetensi mereka dalam membuat bahan ajar materi Geometri meningkat. Dari 13 peserta pelatihan, diperoleh 7 produk berupa bahan ajar materi Geometri yang bervariasi. Berdasarkan analisis data tentang evaluasi bahan ajar, diperoleh rata-rata sebesar 4,0 dengan kategori menguasai. Artinya, peserta telah menguasai materi Geometri melalui penyusuan bahan ajar yang sesuai dengan kriteria materi selaras dengan KD, materi selaras dengan tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran sesuai dengan KD, memuat fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan materi keterampilan.
Downloads
References
Arifiya, N., Setiowati, R., & Sari, R. I. P. (2019). Pemantapan materi matematika kubus di sekolah menengah pertama (smp) islam al-istiqomah dan mts al-hidayah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 5(1), 63–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33023/jpm.v5i1.245
Asakir, I., & Mahmudah, F. N. (2022). Kreativitas dan inisiatif guru dalam pengembanggan mutu pembelajaran online. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 31–40. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1541
Azis, A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/7fpjz
Budiman, H. (2015). Analisis kemampuan berpikir geometri mahasiswa pendidikan matematika. Prisma, 4(8), 29–30.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/KREANO.V11I1.20726
Hapizah, H., Indaryanti, I., Susanti, E., Yusup, M., Sari, N., Araiku, J., & Pratiwi, W. D. (2022). Pendampingan pendesainan perangkat pembelajaran berbasis problem based-learning bagi guru-guru matematika kota lubuklinggau. Jurnal Martabe, 5(4), 1512–1523. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1512-1523
Indaryanti, I., Yusup, M., Nuraeni, Z., Sari, N., & Meryansumayeka, M. (2021). Pelatihan dan pendampingan penyusunan ipk berbasis kikuduko bagi guru matematika di kota lubuklinggau. Jurnal Anugerah, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.31629/ANUGERAH.V3I2.3907
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal pendidikan dan ilmu sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Marzuki, M., Sudiarta, I. W., Handayana, I. G. N. Y., Hiden, H., & Qomariyah, N. (2019). Pendampingan kegiatan pendalaman konsep-konsep dasar fisika dan matematika bagi guru-guru anggota mgmp. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 134–138. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1279
Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2014). Analisis keterampilan geometri siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir van hiele masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir van hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10360
Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif pembelajaran geometri berbantuan software geogebra di masa pandemi covid-19alternatif pembelajaran geometri berbantuan software geogebra di masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V5I1.538
Nuraeni, Z., & Retnawati, H. (2016). The post-certification performance of mathematics teachers. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(2), 130–142. https://tojned.net/journals/tojned/articles/v06i02/v06i02-17.pdf
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of triangle: examples of mathematical abstraction in two different contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53–70. https://doi.org/10.12928/IJEME.V1I1.5782
Petrus, Z., Karmila, K., & Riady, A. (2017). Deskripsi kemampuan geometri siswa smp berdasarkan teori van hiele. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.30605/PEDAGOGY.V2I1.668
Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku digital interaktif berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 1-10.
Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). The students’ difficulties in completing geometry items of national examination. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 8(4), 1–14. http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/03.heri_retnawati.pdf
Sari, R. P. (2016). Studi deskriptif tentang pemahaman guru matematika sma terhadap materi geometri di kecamatan tampan pekanbaru. Universitas Islam Riau. https://library.uir.ac.id/opac/pdf.php?id=15977
Sumardi, H., & Susanta, A. (2022). Pelatihan pemantapan materi geometri untuk meningkatkan kemampuan analisis guru sekolah dasar. Jurnal Abdi Pendidikan, 03(1), 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.57-62
Sunarmi, S., Sari, M. S., Sulasmi, E. S., & Sulisetijono, S. (2019). Pemantapan materi plantae bagi guru sma lab um dan mgmp se-malang raya. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 51–56. https://doi.org/10.17977/um052v10i2p51-56
Suryabrata, S. (2004). Psikologi pendidikan. PT RajaGrafindo Persada Jakarta.
Susanti, E., Yusuf, M., Araiku, J., Scristia, S., Kurniadi, E., & Simarmata, R. H. (2020). Pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis multimedia bagi kelompok guru sekolah dasar di desa petunang kabupaten musi rawas. Jurnal Anugerah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.2173
Ugbe, A. ., & Agim, J. . (2010). Influence of teachers’ competence on students academic performance in senior secondary school chemistry. Global Journal of Educational Research, 8(1–2), 61–66. https://doi.org/10.4314/gjedr.v8i1-2.53770
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/BIORMATIKA.V8I1.1186
Zulkifli, Z. (2017). Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa arab di min 1 palembang zulkifli. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1646
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.