Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Learning Manajemen System (LMS) dengan Memanfaatkan Aplikasi Edmodo
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4683Keywords:
Edmodo, kompetensi, LMSAbstract
Edmodo merupakan salah satu Learning Manajement System (LMS) yang dapat digunakan dalam pembelajaran secara e-learning karena fiturnya dapat menghasilkan pembelajaran yang menarik dan tidak monoton. Implementasi Edmodo dapat diterapkan di sekolah sebagai penyempurna LMS yang sudah digunakan sebelumnya yaitu Google Classroom. Namun proses perubahan ini perlu ada peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan LMS dengan memanfaatkan aplikasi Edmodo, maka dari itu tim pengabdian merumuskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bentuk pengabdian yang dilakukan berupa kegiatan pelatihan aplikasi Edmodo bagi para guru di SMPN 2 Sukolilo melalui pemaparan materi terkait Edmodo, dilanjutkan dengan praktik langsung oleh para guru dengan pendampingan. Pada bagian akhir dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan program pengabdian melalui wawancara langsung dan respons peserta pelatihan melalui angket. Hasil yang diperoleh yaitu sebagian guru sudah mengalami peningkatan kompetensi ditandai dengan mampu untuk menerapkan Edmodo baik menggunakan media komputer/laptop atau media smartphone di proses pembelajarannya dan respons guru terhadap pelatihan ini sudah baik.
Downloads
References
A Reski, & I D Palittin. (2021). Pelatihan penggunaan Edmodo untuk meningkatkan pengetahuan teknologi pembelajaran Guru SMP Yapis Merauke. Ta’Awun, 1(02), 113–122. https://doi.org/10.37850/taawun.v1i02.191
Aklimawati, A., Isfayani, E., Listiana, Y., & Wulandari, W. (2022). Pengembangan Learning Management System (LMS) Edmodo berbasis android sebagai media pembelajaran untuk SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 1–12. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan Learning Mamanjement System ( LMS ) sebagai media pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Journal of Information System, Informatics and Computing (JISICOM), 4(2), 1–8.
Fitriasari, P. (2017). Aplikasi Edmodo sebagai media pembelajaran E-Learning. Prosding PPs. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Karlina, D. A. (2020). Meningkatkan kompetensi guru melalui karya tulis ilmiah untuk menyongsong era revolusi industri 4.0. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i1.24001
Khotijah, S. (2016). Perancangan database E-Learning manajemen system untuk pembelajaran pada sekolah menengah pertama. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.30998/string.v1i1.970
Laenggeng, A. H., & Setyorini, D. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Edmodo di SMP Karuna Dipa Palu sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3), 384–392.
Mahbub, M. A. (2021). Optimalisasi penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran virtual untuk guru di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 107–116. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3055
Manggala, I. S. A., & Mukti, T. S. (2022). Pelatihan pemanfaatan LMS Edmodo untuk menunjang pembelajaran daring bagi guru madrasah di Kecamatan Sumenep. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(1), 911–924.
Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi E-Learning menggunakan Edmodo bagi guru-guru SD Kecamatan Cawas, Klaten. Abdimasku, 3(1), 56–64.
Nur, M. (2021). Media pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Edmodo dalam masa pandemi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i1.2743
Okmayura, F., Effendi, N., & Jefiza, A. (2018). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pembelajaran berbasis LMS-Edmodo di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 89–92. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/1095/669
Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., & Raihan, S. (2020). Peningkatan kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi berbasis tes dan penugasan online. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 260–265. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16069
Prasetyani, H., & Cahyani, D. N. (2022). Pengembangan model pembelajaran jarak jauh dengan control device memanfaatkan aplikasi airdroid. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5026
Saefullah, A., Oktarisa, Y., Fatkhurrokhman, M., & Rostikawati, A. (2021). Pendampingan guru madrasah di Kota Serang dalam pembuatan alat praktikum fisika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 1(1), 1–10.
Septian, F., Syaripudin, A., & Punkastyo, D. A. (2020). Pelatihan pendidikan jarak jauh berbantuan media sosial Edmodo bagi guru SMP Terbuka Sawangan Depok. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2), 60–68.
Setiawan, Y. E., & Syaifuddin, S. (2020). Peningkatan kompetensi profesionalitas guru melalui pelatihan desain pembelajaran peta konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377
Telaumbanua, F. (2019). Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan berbasis E-Learning. Jurnal Warta, 62, 14–23.
Wati, T., & Seta, H. B. (2017). Pemanfaatan E-Learning sebagai media pelatihan keterampilan. Prosiding Sintak 2017, 244–251.
Zutiasari, I., Rahayu, W. P. R., Martha, J. A., & Indrawati, R. A. (2021). Pemanfaatan E-Learning network Edmodo dalam pembelajaran. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–8. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/dedication/article/view/443
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.