Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah di Wilayah DI Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4312Keywords:
pelatihan, penelitian tindakan kelas, guru matematika, madrasah tsanawiyahAbstract
Guru matematika madrasah tsanawiyah di wilayah DI Yogyakarta perlu difasilitasi dalam kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan diberikan pelatihan dan pendampingan dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Metode yang digunakan adalah service learning secara synchronous menggunakan online zoom meeting berupa penyampaian materi dan pendampingan dan monitoring ketika guru melaksanakan PTK di kelas. Peserta kegiatan ini sebanyak 10 guru matematika yang mewakili 5 kabupaten/kota DIY. Kegiatan penyampaian materi terlaksana sebanyak 3 pertemuan dengan materi konsep dasar PTK dan identifikasi masalah untuk PTK, penyusunan instrumen PTK, dan penulisan laporan PTK. Kegiatan pendampingan dan monitoring terlaksana 8 kali pertemuan dengan agenda monitoring perkembangan pelaksanaan PTK dari peserta, kendala, dan progress dari setiap peserta. Hasil pelatihan ini adalah 60% (6 dari 10) guru telah berhasil melaksanakan PTK sampai tuntas, dan 4 lainnya tidak selesai melaksanakan PTK. Kendala yang dihadapi guru saat melaksanakan PTK di antaranya adalah belum sepenuhnya memahami konsep PTK, kesulitan menyusun instrumen PTK baik instrumen pembelajaran maupun penelitian, kesulitan mengoptimalkan peran siswa pada saat pembelajaran, kesulitan dalam pengaturan jadwal pembelajaran karena peralihan dari PJJ ke PTM, kesibukan tugas lain dari madrasah. Pelatihan selanjutnya agar lebih memaksimalkan lebih banyak peserta dan mengintensifkan pendampingan agar lebih banyak guru yang siap untuk melaksanakan PTK
Downloads
References
Hopkins, D. (2014). A teacher’s guide to classroom research (5th ed.). Mc Graw Hill.
Kusumah, W. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas (B. Sarwiji (Ed.); 2nd ed.). Indeks.
Lestari, K. E. (2018). Penelitian pendidikan matematika (Anna (Ed.); 3rd ed.). Refika Aditama.
Mathis, R. L. (2006). Human resource management (10th ed.). Salemba Empat.
Pangabean, M. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Ghalia Indonesia.
PermenpanRB no 16. (2009). Jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Saidah, U. H. (2016). Pengantar pendidikan (1st ed.). Rajawali Pers.
Somatanaya, A A Gde; Herawati, Linda:wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi peningkatan karier guru-guru sekolah dasar kota tasikmalaya. Siliwangi, 3(1), 169–175.
Suparni, S. M. A. Z. (2021). Profil kesiapan guru matematika madrasah tsanawiyah dalam melaksanakan ptk. Journal Fouriier, 10(1), 21–27.
Susanti E., H. D. (2015). Peningkatan kompetensi guru melalui penerapan penelitian tindakan kelas (ptk) dalam pendidikan islam. Jurnal Potensia, 14(1), 151–174.
Suyitno. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru gunungkidul, d.i. yogyakarta. Surya Abdimas, 3(2), 44–48.
Triyono, A. (2012). Manajemen sumber daya manusia (5th ed.). ORYZA.
Undang Undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005).
Utami, PS, S. (2017). Pelatihan teknik penulisan penelitian tindakan kelas pada guru ppkn mts di kabupaten ponorogo. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 81–91.
Wiganda, S. (2014). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru se_jakarta timur. Sarwahita, 11(1), 1–7.