Pembinaan Olimpiade: Meningkatkan Kemampuan Operasi Matematika bagi Siswa SD Negeri 3 Buluagung
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4279Keywords:
pembinaan, olimpiade, operasi matematikaAbstract
Bimbingan olimpiade matematika dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa SD Negeri 3 Buluagung mampu berkompetisi dalam olimpiade matematika. Permasalahan yang dihadapi SD Negeri 3 Buluagung yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menjawab soal olimpiade matematika. Kegiatan dilakukan dengan memberikan soal seleksi yang berupa soal olimpiade berjumlah 5 soal. Dari hasil seleksi didapat bahwa siswa masih sangat kurang kemampuan dalam melakukan operasi matematika. Setelah diseleksi kemudian siswa yang terpilih dilakukan pre-test yang berisi soal tentang operasi yang berjumlah 45 soal esai. Bimbingan dilakukan oleh pengabdi (DYS) sebanyak 8 pertemuan dengan 2 kali pertemuan per 1 minggu. Setiap pertemuan dilakukan selama 1,5 jam. Setelah bimbingan maka di akhir kegiatan diadakan post-test untuk mengukur kemampuan di akhir kegiatan. Kegiatan pengabdian dilakukan di SD Negeri 3 Buluagung dengan hasil bahwa terdapat 7 siswa yang terpilih untuk mengikuti program bimbingan olimpiade matematika. Pre-test dilakukan dengan mendapatkan nilai rata-rata 64,43. Bimbingan dilakukan sebanyak 8 pertemuan yang dilakukan pada hari Selasa dan Sabtu setelah kegiatan di sekolah selesai. Akhir kegiatan dilakukan post-test dengan hasil nilai rata-rata 73,14. Analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata post-test > nilai rata-rata pre-test. Dapat disimpulkan bahwa mengalami peningkatan kemampuan operasi matematika dari siswa SD Negeri 3 Buluagung yang mengikuti bimbingan karena 73,14 > 64,43.
Downloads
References
Arifin, N., Yati, A., & Fauziah, W. (2020). Pembinaan OSN matematika dan IPA bagi peserta didik SD Negeri 002 Samarinda Utara. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(02), 188.
Gita, I. N., Suryawan, P. P., & Artawan, I. G. N. Y. (2017). Pembinaan olimpiade matematika bagi siswa dan guru SD di Desa Sambangan. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 48. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11905
Ikashaum, F., Mustika, J., Soeseno, Z. E., & Winata, B. B. (2021). Pembinaan olimpiade: peningkatan kemampuan penalaran matematis. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 87–94. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.618
Jana, P. (2018). Pembinaan olimpiade matematika kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 125–128. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.527
Jati Puspita, H. (2016). Implementasi pembelajaran tematik terpadu pada kelas VB SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 884–893.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Prasetyo, P. W., & Sunaryo, S. (2019). Pelatihan olimpiade matematika tingkat sekolah dasar bagi guru sekolah dasar muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 2(2), 98. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.3116
Prayanti, B. D. A., & Maxrizal. (2021). pelatihan persiapan olimpiade matematika SD bagi siswa SD IT AL Mansyur Balunijuk. 2, 4–8.
Rohim, M. F., & Sari, A. F. (2019). Keterampilan siswa memecahkan masalah olimpiade matematika ditinjau dari kepribadian tipe senising dan intuiting. Jurnal Elemen, 5(1), 80. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1047
Rosyid, A., Noor, M., & Sutisna, A. (2020). Peningkatan kemampuan matematika siswa dalam pembinaan olimpiade MIPA SD di Gugus Ahmad Yani Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 335–343.
Suastika, K., & Suwanti, V. (2019). Pelatihan guru SD pembimbing olimpiade matematika se-gugus 7 Kecamatan Sukun Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(02), 77–85. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.442
Suryawan, I. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan kompetensi siswa berbakat dalam bidang olimpiade matematika tingkat SD. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Wardani, K. T. (2016). Pembangunan sistem informasi akademik lembaga bimbingan belajar spectrum. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2), 68–73.
Wibowo, E. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komunikasi, 2(1), 75–78.
Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67–75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.