Sosialisasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Masyarakat Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2642Keywords:
sosialisasi, pendidikan karakter, anak-anak, masyarakatAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah (1) menyosialisasikan pendidikan karakter kepada warga Kampung Bugis Kota Tanjungpinang, dan (2) membandingkan pemahaman mereka antara sebelum dan sesudah diberikan sosialisasi tentang pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan berupa sosialisasi dengan ceramah, tanya jawab, pemberian contoh, dan diskusi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan masyarakat Kampung Bugis dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi anak-anak mereka.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional [Depdiknas]. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Indonesia: Depdiknas.
Haji, R. (1988). Syair Abdul Muluk (S. Syamsiar, ed.). Pekanbaru: Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Melayu, Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan Karakter bangsa. Jakarta.
Lickona, T. (2004). Pengertian pendidikan karakter. Jakarta.
Malik, A. (2014). Kehalusan budi memartabatkan jati diri: tinjauan karya-karya Raja Ali Haji. Tanjungpinang: Milaz Grafika.
Malik, A. (2015). Nilai-nilai budi pekerti dalam karya raja ali haji. Jurnal Peradaban Melayu, 10, 96–107.
Malik, A., Dahnuss, D., & Shanty, I. L. (2019). Implementasi pendidikan karakter di lingkungan keluarga. Jurnal Anugerah, 1(1), 1–7.
Malik, A., & Shanty, I. L. (2017). Personal character index in the works of raja ali haji. The International Journal of Social Science, 58(1), 22–34.
Malik, A., & Shanty, I. L. (2019). Character indexes of the people in the works of raja ali haji. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 295, 148–151.
Pusat Kurikulum. (2010). Pedoman pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta.