Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Linda Rosmery Tambunan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Susanti Susanti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Asma Riani Siregar Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776

Keywords:

STEM, revolusi industri 4.0

Abstract

Pada Era Revolusi Industri 4.0, guru dituntut untuk mampu melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan tersebut adalah pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Namun, pendekatan ini masih terbilang asing bagi kebanyakan guru maupun mahasiswa calon guru di Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan STEM kepada masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau ini diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri dari guru SMA sebagai sasaran utama, mahasiswa calon guru serta siswa SMA. Kegiatan pengenalan ini diawali dengan pemaparan materi pendekatan STEM, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta diakhiri dengan evaluasi pelaksanaan kegiatan melalui pengisian angket. Hasil evaluasi kegiatan tersebut menunjukkan bahwa 93,75% peserta menyatakan topik yang disajikan menarik dan menggugah rasa ingin tahu peserta, sehingga terjadi penambahan wawasan dan pengetahuan peserta tentang pendekatan STEM.

Downloads

References

Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. NTSA press.

Ejiwale, J. A. (2012). Facilitating teaching and learning across STEM fields. Journal of STEM Education: Innovations and Research.

Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. PERMENDIKBUD. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

National Research Council. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting concepts, and core ideas. Washington DC: National Academies Press.

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teachere. https://doi.org/10.1126/science.1201783

Sanders, M. (2009). STEM, STEM education, STEM mania. The Technology Teacher.

Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing teacher education and professional development needs for the implementation of integrated approaches to STEM education. International Journal of STEM Education. https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1

Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh model pembelajaran core terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2997

Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21 st Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM Education, 6(1), 39. https://doi.org/10.1186/s40594-019-0192-1

Thibaut, L., Ceuppens, S., De Loof, H., De Meester, J., Goovaerts, L., Struyf, A., … Depaepe, F. (2018). Integrated STEM Education: a systematic review of instructional practices in secondary education. European Journal of STEM Education. https://doi.org/10.20897/ejsteme/85525

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776