Workshop pembelajaran STEM robot coding bagi guru dan calon guru matematika Kabupaten Banyumas dan Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7228Keywords:
pembelajaran matematika, pemrograman robotik, STEM/STEAM, teknologiAbstract
STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) berperan penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, ekonomi, kesehatan, industri, dan berbagai aspek kehidupan. Integrasi STEM dalam pendidikan sangat diperlukan untuk menghasilkan generasi berdaya saing global. Workshop berbasis STEM bagi MGMP Matematika SMA di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap serta mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto bertujuan meningkatkan pemahaman dan praktik STEM, memperluas penyebaran hasil pelatihan, meningkatkan kompetensi guru, serta memotivasi guru untuk mengembangkan keterampilan mereka. Program ini mencakup perencanaan, pelaksanaan workshop, pendampingan dalam pembuatan rencana pembelajaran STEM, serta monitoring dan evaluasi. Data yang dikumpulkan meliputi dokumentasi hasil kerja peserta, serta kuesioner untuk mengetahui respons peserta terhadap kegiatan ini. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan. Dengan pengetahuan dan keterampilan ini, peserta diharapkan dapat mengintegrasikan STEM dalam pembelajaran matematika, melaksanakan pembelajaran berbasis pemrograman, dan meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Anugerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.