PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA

Authors

  • Norma Setiawati Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran dimensi tiga dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desain. Sampel penelitian ini adalah kelas X D yang terdiri dari 26 siswa. Data dikumpulkan melalui dokumen dan tes. Berdasarkan hasil tes, diperoleh kesimpulan bahwa siswa lebih senang dengan pembelajaran dimensi tiga dengan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SMA Negeri 2 Tanjung Raja.

Kata Kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Dimensi Tiga

This research aims at recognizing the outcome of Indonesian Realistic Mathematics Education (IRME) based learning on the topic of three dimensional object at SMA Negeri 2 Tanjung Raja. The research method used was developmental research. The sample of the study was class  X D that contained 26 students. Data was collected through documents and test. Based on the result of the test, it was obatined that students were feeling eager to engage the IRME based learning on the topic of three dimensional object.

Keywords: Indonesian Realistic Mathematics Education (IRME), three dimensional object

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-25

How to Cite

Setiawati, N., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2017). PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA. Jurnal Gantang, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.53