Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP

  • Puji Astuti Universitas Sriwijaya
  • Purwoko Purwoko Universitas Sriwijaya
  • Indaryanti Indaryanti Universitas Sriwijaya
Keywords: Critical thinking ability, Student worksheet

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika adalah untuk melatih siswa berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu dikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang berkarakteristik untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII7 berjumlah 30 siswa semester II SMP Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara prototyping.  Prototyping dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakteristik LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian ini adalah karakteristik LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP.

Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Lembar Kerja Siswa   

Mathematics learning aims to develop students critical thinking. Therefore, it is necessary to develop Student Worksheet to train students' critical thinking skills. This research aims to develop student worksheet that has characteristics of critical thinking skill for 7th grade Junior High School students (SMP). The sample in this research is VII7 class with 30 students of the second semester of SMP Negeri 9 Palembang. The research method used is a development research method that consists of analysis, design, evaluation and revision. Data collection is done by prototyping. Prototyping was used to find out how the characteristics of student worksheet to develop critical thinking ability of grade  7th students. The result of this research is characteristic of student worksheet to develop critical thinking ability of 7th grade Junior High School student.

Keywords: critical thinking ability, student worksheet 

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan standar kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.
Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. USA: Prentice Hall, Inc.
Fisher, A. (2009). Berpikir kritis sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan. (2002). Pembudayaan keterampilan berpikir kritis di perguruan tinggi melalui cognitive coaching. Bandung: UPI.
Marsigit. (2000). Empirical evidence of Indonesian styles of primary teaching. Makalah Disajikan Di ICME Conference, Hiroshima Japan.
Permanasari, V. (2013). s pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir matematis siswa pada materi trigonometri ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1).
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI dalam pembelaja ran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Gantang, 1(1).
Rusiyanti, R. (2009). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. PPs Unsri.
Somakim. (2011). Peningkatan kemamn- puan berpikir kritis matema- tis siswa sekolah menengah dengan penggunaan pendidi- kan matematika realistik. Jurnal Forum MIPA, 14(1).
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfhabeta.
Sumarmo. (2004). Kemandirian belajar apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. In Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, 2(1).
Zulkardi. (2001). Realistic mathematics education (RME): Teori, contoh pembelajaran, dan taman belajar di internet. Makalah disajikan dalam seminar sehari tentang Realistic Mathematics Education tanggal 4 April 2001. UPI: Tidak diterbitkan.
Published
2017-10-04
How to Cite
Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017, October 4). Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145-155. Retrieved from http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/244