Komunikasi Matematis Siswa

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik

  • Adri Nofrianto STKIP YDB LUBUK ALUNG
  • Nani Maryuni STKIP YDB LUBUK ALUNG
  • Mira Amelia Amri

Abstract

Penelitian eksperimen dengan randomized control group only design yang melibatkan siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas sampel. Kelas VIII3 terpilih sebagai kelas eksperiment dan Kelas VII6 terpilih sebagai kelas control. Hasil analisis data menunjukkan RME memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan matematis siswa. Hasil Uji-t berada pada wilayah penokkan Ho, dimana thitung = 2,27 dan ttabel = 1,6603 pada taraf nyata 0,05. Analisis mendalam dilakukan dengan melihat efektivitas RME terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan uji proporsi (uji- z) pada setiap indicator yang diamati, menunjukkan hasil yang sejalan dengan hasil analisis uji-t. Nilai

Published
2017-10-04
How to Cite
Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. (2017). Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Gantang, 2(2), 113-123. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.199