Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memilih Makanan Sehat Dengan Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Konteks
DOI:
https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.193Keywords:
Kata kunci : makanan sehat, berpikir kritis, pembelajaran matematika, liteasi matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memilih makanan sehat dengan pembelajaran literasi matematika berbasis konteks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Literasi matematika merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan matematika guna memecahkan masalah sehari-hari secara lebih baik dan efektif. Literasi matematika dapat membantu individu untuk mengenal peran matematika di dunia nyata dan sebagai dasar pertimbangan dalam penentukan keputusan yang dibutuhkan oleh masyaraka, seperti berpikir kritis dalam memilih makanan sehat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan makanan sehat khususnya makanan kemasan dengan pembelajaran literasi matematika berbasis konteks, dapat dilakukan pada pembelajaran tematik di sekolah dasar, sub pokok pembahasan perbandingan dengan objek penelitian tanggal kadaluarsa dan informasi nilai gizi dalam produk kemasan.
Kata kunci: literasi statistika, pembelajaran matematika, pendidikan politik, berpikir kritis
This study aims to describe how to develop students' critical thinking skills in choosing healthy food with context-based mathematics literacy learning. The method used in this study is a literature study. Mathematical literacy is the ability to use mathematical knowledge to solve daily problems better and more effectively. Mathematical literacy can help individuals to recognize the role of mathematics in the real world and as a basis for consideration in the decision-making needed by society, such as critical thinking in choosing healthy foods. The results of this study indicate that the selection of healthy foods, especially food packaging with context-based mathematics literacy learning, can be done on thematic learning in primary schools, sub-subject discussion of comparison with the object of discussion is expired date and nutritional value information in packaging products.
Keywords: healthy food, critical thinking, mathematics learning, Mathematical literacy
Downloads
References
Ardiyaningrum, Martalia (2013) Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta melalui penerapan pendekatan pembelajaran problem posing, Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 53
Hasnawati (2006, 53), Pendekatan contextual teaching learning hubungannya dengan evaluasi pembelajaran, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3 (1), 53
Helmi Harris dan M. Fadli (2014) Penentuan umur simpan (shelf life) pundang seluang (rasbora sp) yang dikemas menggunakan kemasan vakum dan tanpa vakum, Jurnal Saintek Perikanan, 9 (2), 53
Herawati (2008), Penentuan Umur Simpan Pada Produk Pangan, Jurnal Litbang Pertanian, 27(4), 124
Idrus Hasibuan (2014), Model pembelajaran CTL, Logaritma, 2 (01).11
Jufri, Lucky Heriyanti. 2015. “Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandungâ€Â. LEMMA. 2(1).56
Kurnia Noviani, Effatul Afi fah, dan Dewi Astiti, (2016), Kebiasaan jajan dan pola makan serta hubungannya dengan status gizi anak usia sekolah di SD Sonosewu Bantul Yogyakarta, Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia, 4, (2), 98
Lange, Jan De. (2003), “Mathematics For Literacyâ€Â. Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Collage. The National Council on Education and the Disciplines. Princeton.
Mahdiansyah dan Rahmawati (2014), Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20 (4), 453
(OECD). 2010. PISA 2012 Matemathics Framework. Paris: PISA, OECD Publishing.
Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sue, Thomson. 2013. A Teacher’s Guide to PISA Mathematical Literacy. Australia: ACER Press.
Sugiman, (2008), Pandangan matematika sebagai aktivitas insani beserta dampak pembelajarannya, Jurnal pendidikan matematika, 2 (2), 64
Yhona Paratmanitya dan Veriani Aprilia (2016) Kandungan bahan tambahan pangan berbahaya pada makanan jajanan anak sekolah dasar di Kabupaten Bantul, Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia, 4, (1), 55