PENDEKATAN ETNOSAINS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Penulis

  • Aulia Sanova Universitas Jambi
  • Afrida Afrida Universitas Jambi
  • Abu Bakar Universitas Jambi
  • HR Yuniarccih Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3814

Kata Kunci:

Etnosains, Kearifan Lokal, Larutan Penyangga, Literasi Kimia, Problem Based Learning

Abstrak

Hasil data penelitian PISA, kemampuan literasi kimia siswa di Indonesia termasuk ketegori rendah. Hal ini disebabkan masih kurang memanfaatkannya lingkungan sosial budaya sebagai sumber belajar, padahal pembelajaran kimia erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan juga berkenaan dengan konteks kearifan lokal yang perlu diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi lainnya melalui media pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan ethnosains dan melihat apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan literasi kimia, khususnya pada materi Larutan Penyangga. Jenis penelitian adalah Pre Experiment Desain dengan bentuk one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes essay untuk melihat kemampuan literasi kimia siswa. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata persentase pelaksanaannya aktivitas belajar siswa belajar menggunakan model PBL sebesar 70,21%.dengan kategori baik dengan hasil rata-rata pretest dan posttest kemampuan literasi yaitu 51,4% dan 76,4%.dan hasil hipotesis menunjukkan thitung sebesar 10,4264 dan ttabel sebesar 2,1098 dengan taraf nyata α= 5%, maka dapat dikatakan aktivitas siswa dengan pendekatan etnosains melalui model PBL meningkatkan aktivitas siswa dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi kimia.

Referensi

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi LArutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2199.

Amalia, F., Reffiane, F., & Eka S, E. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Dwijaloka, 1(3), 362–369.

Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 39–43. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2269

Anggraeni, A. Y., & Wardani, S. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523.

Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2015). The insertion of Local Wisdom into Instructional Materials of Bahasa Indonesia for 10th grade Students in Senior High School. Journal of Education and Practice, 6(33), 89–92.

Arifatun, N., Sudarmin, & Samini. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049–1056. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Imansari, M., Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201–2211.

Mutiara, Suharman, A., & Hidayat, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pelajaran Kimia Di Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Indralaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 179–185.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan the Application of the Problem-Based Learning Model To Improve the Students Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017, 21(4), 183–188.

Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djunaidi, D. (2020). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kearifan Lokal Kota Semarang Pada Materi Larutan Asam Dan Basa. … (Jurnal Pendidikan IPA …, 4(1), 25–38. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1025

Sari, S. I., Suhery, T., & Effendi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Dasar Berbasis STEM Problem Based Learning Pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 7(2), 980–990.

Sudarmin, & Asyhar, R. (2012). Transformasi Pengetahuan Sains Tradisional menjadi Sains Ilmiah dalam Proses Produksi Jamu Tradisional. Edu-Sains, 1(1), 1–7.

Sumarni, W., Sudarmin, S., Wiyanto, W., & Supartono, S. (2016). Preliminary Analysis of Assessment Instrument Design to Reveal Science Generic Skill and Chemistry Literacy. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(4), 331–340. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i4.5961

Suryati, Yusran, K., Asma, N., Hendrawani, & Sri, R. (2020). Identifikaasi Kompetensi Literasi Sains Calon Guru Kimia. Jurnal Zarah, 8(1), 50–55.

Zulfah, Z. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Soal Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.27

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-29

Terbitan

Bagian

Articles