LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PROFESIONAL MATERI KESETIMBANGAN UNTUK KIMIA DASAR I PRODI PENDIDIKAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v11i1.4810Keywords:
Adobe Flash CS6 Profesional, Kesetimbangan, Laboratorium VirtualAbstract
Kemajuan Information and Communication Technology (ICT) menghadirkan banyak program yang tersedia untuk merancang praktikum berbasis ICT (laboratorium virtual). Laboratorium virtual dapat menghindari keterbatasan laboratorium, menghemat waktu dan sumber daya, serta mengurangi biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan laboratorium virtual pada materi kesetimbangan kimia dengan menggunakan Adobe Flash hingga dianggap layak untuk digunakan dalam perkuliahan Kimia Dasar I Program Studi Pendidikan Kimia dan untuk menilai reaksi dosen dan mahasiswa terhadap laboratorium virtual yang dikembangkan tersebut. Jenis penelitian ini dikenal sebagai penelitian pengembangan. Menggunakan Adobe Flash6 Professional, produk ini merupakan laboratorium virtual pada materi kesetimbangan untuk digunakan dalam mata kuliah Kimia Dasar I pada program sarjana pendidikan kimia. Model ADDIE digunakan dalam pengembangan laboratorium virtual untuk kesetimbangan material ini. Hasil penelitian, diperoleh penilai dari validator materi mendapatkan skor 54 dari skor dengan kategori validitas “baik†kemudian dilanjutkan dengan validasi materi tahap kedua dan diperoleh penilain lebih tinggi daripada validasi pertama yaitu 71, dan validator media sebesar 69 dari skor maksimum 75 dengan kriteria sangat baik, 88,29 % mahasiswa menyatakan media ini layak digunakan. Sebanyak 95 % mahasiswa menyatakan mudah menggunakanya, 100 % menyatakan setuju media ini digunakan untuk pembeljaran dan 100 % menyatakan lebih paham mempelajari kesetimbangan melalui laboratorium virtual yang dikembangkan.
References
Asyhar, R., (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.
Chaidir, S. (2021). Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dengan Google Classroom pada Materi Termokimia di Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Jurnal Zarah, 9(1), 36–41.
Epinur dan Yusnidar. (2016). Pengembangan Laboratorium Virtual Dengan Macromedia Flash 8 Materi Larutan Asam-Basa Untuk Kimia Dasar II Prodi Pendidikan Kimia, Laporan Penelitian, Universitas Jambi.
Jannah FF, Khamidinal dan Suprihatiningrum. 2022. Pengembangan Media Virtual Lab sebagai Alternatif Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 16(2), 97-103.
Hendrajanti, P. 2022. Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 7(2), 188-196.
Ilahi AK, Subarkah CZ, Wardini YS. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Kimia pada Materi Sel Elektrolisis. Gunung Djati Conference Series. 7(1), 25-37.
Muhajarah, K., & Sulthon. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Jurnal JUSTEK: Jurnal Sains dan Teknologi. 3(2),77-83.
Ramadani, Y., Pujiriyanto, P., Suwartia, S., & Minarni, M. (2023). Developing Students’ Worksheets based on the Inquiry-Flipped Classroom Learning Model to Improve Argumentation Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. 15(1), 974-980.
Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah. 8(1), 7–13.
Rohmah, M., Ibnu, S., & Budiasih, E. (2019). Pengaruh real laboratory dan virtual laboratory terhadap kualitas proses pada materi kesetimbangan kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia. 3(1), 1–14.
Satura, Y. T., Abdullah, A., & Rery, R. U. (2021). Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pijar Mipa. 16(1), 64–67.
Sari, D. K., Jejem, M.S, Hadeli, M., Oktaria, Y., & Melinda, E. (2022). Development of a Virtual Laboratory for Biochemistry Practicum during the Covid- 19 Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 8(1), 277-282.
Saputri, S. D., & Syuhada, F. A. (2022). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Sets Pada Materi Sistem Koloid Development Of Integrated E-Modules Of Character Education Based On Sets On Coloid System Materials. Jurnal Zarah. 10(2).
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Verasanti D, Ginting SM, dan Handayani D. 2022. Pengembangan E-Module Berbasis Knowledge Building Environment Menggunakan Metode 4S TMD Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 6(1), 1-9.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 23–27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Zarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.