DAMPAK MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MADRASAH ALIYAH (MA) NEGERI MANOKWARI SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Arum Sugianingsih Universitas Papua
  • Murtihapsari Murtihapsari Universitas Papua
  • Apriani Sulu Parubak Universitas Papua
  • Christiana Niken Larasati Universitas Papua
  • Ramlah Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4187

Keywords:

Minat belajar siswa, Hasil belajar kognitif, Hidrolisis garam

Abstract

Kegiatan pembelajaran memerlukan metode yang tepat terutama dimasa pandemi COVID-19 yang mengadakan pembelajaran online. Pembelajaran online membutuhkan motivasi dan pemahaman konsep yang lebih agar minat belajar siswa meningkat sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui  dampak minat terhadap hasil belajar kognitif siswa  dan (2) persen  pengaruh dampak minat terhadap hasil belajar kognitif siswa belajar siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MA Negeri Manokwari selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif . Populasi yang digunakan siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 MA Negeri Manokwari Semester Genap Tahun ajaran 2021/2022 terdiri sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya dampak negatif dan positif pada minat terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase respon siswa, dan adanya pengaruh yang signifikan sebesar 0,003. Berdasarkan analisis R Square menunjukkan adanya pengaruh minat belajar sebesar 23%.

Author Biography

Arum Sugianingsih, Universitas Papua

Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan

Universitas Papua

References

Damayanti, M., & Jirana, J. (2018). Pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung. Saintifik, 4(1), 47–53. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.143

Eko, P. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febriani, G., Marfu’ah, S., & Joharmawan, R. (2018). Identifikasi konsep sukar, kesalahan konsep, dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar hidrolisis garam siswa salah satu SMA Blitar. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), 35–43. https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p035

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis minat belajar kimia siswa melalui pembelajaran berbasis multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86.

Haryanti, & Wiyarsi, A. (2017). Analisis minat belajar kimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Temon. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 67–74.

Hartono. (2010). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Haster, E., Rohiat, S., & Sumpono. (2019). Studi Komparasi Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Program Peminatan dan Lintas Minat di MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(1), 57–64.

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060

Hobri. (2009) . Model-Model Pembelajaran Kooperatif. Jember. Center of Society Studies Jember.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281–294.

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 53(9), 121–130.

Malhotra, N. (2012). Service Quality of Frondine Employess: A Profile Deviation Analysis.Journal of Business Research, Vol. 66, No. 9.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Rohmah, O. M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa ( Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Tangerang ). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 39–49.

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era PAndemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada: Media Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Widiyanto, J. (2010). SPSS For Windows Untuk Analisis Data Statistic Dan Penelitian. Surakarta. BP-FKIP UMS.

Downloads

Published

2022-06-15