PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DASAR SISWA

Authors

  • Murtihapsari Murtihapsari Universitas Papua
  • Anggriana Parafia Universitas Papua
  • Yunita Pare Rombe Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4253

Keywords:

POE, Berfikir kritis, Siswa, Pemahaman konsep

Abstract

Model pembelajaran diperlukan agar peserta didik terlibat aktif dalam mengeksplorasi dan menerapkan konsep materi dengan baik. Salah satunya yaitu model POE (Predict-Observe-Explain). POE merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan pada proses belajar  kimia seperti  memahami konsep-konsep serta penerapannya dalam kehidupan. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan mengangkat tema terkait model pembelajaran POE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya dampak  penerapan model POE guna peningkatan pemahaman konsep serta  kemampuan berfikir kritis pada siswa. Semua artikel yang memiliki tema yang relevan kemudian dikumpulkan, lalu dipilah sesuai kriteria yang ditetapkan. Artikel-artikel yang terpilih disebut sebagai data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE  dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep dan berfikir kritis dalam pembelajaran kimia dan dapat meningkatkan prestasi siswa.

References

Amaliyah, M., & Nasruddin, H. (2019). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (POE) Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 11 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3).

Anton, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Biologi Kelas XI Di MAN 1 Lampung Utara. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Kesetimbangan Kelarutan Kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(2), 27–35.

Cahyati, R. T. (2019). Analisis Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berorientasi Green Chemistry Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Domitila, T. T., Yasintha, M., Nirmalasari, M. A. Y., & Kuki, A. D. (2018). SNP-SK-2 (02-21) Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Maumere. Prosiding, 138.

Fatimatuzzohrah, S., Jufri, A. W., & Mertha, I. W. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 351–356.

Fernanda, A., Haryani, S., Prasetya, A. T., & Hilmi, M. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas xi pada materi larutan penyangga dengan model pembelajaran predict observe explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Fitrianingsih, E., Mulyani, H. R. A., & Lepiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Di SMAN Rawajitu Selatan. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 147–155.

Islamiyah, B. M. W., Al Idrus, S. W., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Chemistry Education Practice, 2(2), 14–20.

Ismayanti, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Biologi Di MTs Aisyiyah Binjai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mardalita, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Nugraha, D. A., Dimas, A., Cari, C., Suparmi, A., & Sunarno, W. (2019). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 174–179.

Pratiwi, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict Observation Explain (Poe) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Konsep Perubahan Sifat Benda Pada Murid Kelas V SD Negeri Sabbala Kecamatan Bontonompo Selatan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Purba, S., Subakti, H., Kato, I., Chamidah, D., Muntu, D. L., Cecep, H., Situmorang, K., & Saputro, A. N. C. (2021). Teori Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Restami, M. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 11–20.

Savitri, R. W., Susilaningsih, E., & Harjono, H. (2019). Analisis Ketercapaian Kompetensi Dasar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Predict, Observe, Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2395–2403.

Shirajuddin, M. E., & Kusumawati, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. J Educ Rev Res, 3(2), 80–85.

Wiguna, C. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 13(1).

Wulandari, I. M., Anwar, Y., & Savalas, R. (2018). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship Pada Materi Pokok Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA di MAN 2 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(1), 34–40.

Wulandari, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Termokimia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2022-06-15

Most read articles by the same author(s)