Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon
Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas X-2 SMA N 14 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v2i1.19Keywords:
Strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Kimia dengan pokok bahasan Hidrokarbon melalui strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here. Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X-2 SMA N 14 Samarinda. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yang berarti menggambarkan atau menjelaskan data yang diperoleh melalui lembar observasi, tugas dan ulangan harian di setiap akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dengan metode observasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tugas dan nilai ulangan harian di setiap akhir siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dapat meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat berdasarkan jumlah siswa yang tuntas pada nilai akhir setiap siklusnya. Standar ketuntasan klasikal yang digunakan adalah 60% dengan nilai ketuntasan minimal sebesar 60. Siklus pertama, jumlah siswa yang tuntas adalah 25 siswa atau 73,53%, dengan nilai rata-rata 65,09; sedangkan pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas adalah 28 siswa atau 82,35% dengan nilai rata-rata 67,44; dan pada siklus ketiga jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa atau 91,18% dengan nilai rata-rata 80,06.