VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

  • Astri Wijayati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Fitriah Khoirunnisa Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Ardi Widhia Sabekti Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, konteks kemaritiman, multimedia interaktif, praktikalitas, validitas

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di tingkat sekolah menengah atas, khususnya pada mata pelajaran kimia, terutama pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Untuk mengukur kualitas multimedia interaktif dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Hasil validasi media dan materi pada multimedia interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi diperoleh hasil 89.28% dan 84.37% dengan kategori sangat valid dan layak diujicobakan kepada guru dan peserta didik. Hasil praktikalitas multimedia interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi terhadap guru dan peserta didik diperoleh 87.5% dan 82% dengan kriteria sangat praktis.

References

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2013). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Krisnawati, & Muslim, T. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 1–10.

Ayu, I., Susanti, L. . R., & Wiyono, K. (2019). Pengembangan multimedia interaktif berbasis saintifik dalam mata pelajaran kimia materi laju redoks di kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 57–67.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149.

Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Pendidikan Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1).

Khoirunnisa, F., & Sabekti, A. W. (2017). Validitas Dan Pratikalitas Modul Strategi Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Daur Belajar Enam Fase. Jurnal Zarah, 5(2), 21–24.

Natasya, J., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Dengan Nuansa Kemaritiman Berbantuan Macromedia Flash 8 pada Materi Relasi Kelas VIII SMP. Jurnal Gantang, 5(1), 87–93.

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221.

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72.

Sunarto, & Danusaputra, N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA/MA Kelas X. Jurnal Pembelajaran Kimia, 5(1).

Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 53–61.

Suradji, M. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1.

Surasmi. (2016). Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Surabaya: Universitas Terbuka Convention Center.

Zabir, A. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smpn 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2.

Published
2021-10-29