PROFIL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN DENGAN PENDEKATAN STEM

DALAM KLASIFIKASI MATERI

Authors

  • Lina Arifah Fitriyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Humaidillah Kurniadi Wardana Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1430

Keywords:

klasifikasi materi, pengembangan LKS/LKPD, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Sains, Teknologi, Rekayasa dan Matematika yang berkualitas berdasarkan kesahihan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan terdiri dari merumuskan kompetensi, mengembangkan produk yaitu merancang dan membuat LKPD serta instrumen penilaiannya serta evaluasi yang berkualitas dan sahih untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa penilaian dari  ahli kimia, ahli media, dan pendidik/guru sangat sahih yaitu rata-rata 3,75 dan 93,75 % yang artinya memenuhi standar kesahihan (kelayakan) suatu bahan ajar.

References

Afriana, J. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Volume 02 Nomor 02, Halaman 202-212.
Bappenas. (2009). Rencana Kerja Pemerintah 2009. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.
Cook, M. 2008. Students’ Comprehension of Science Concepts Depicted in Textbook Illustrations. Electronis Journal of Science Education. 12(1).39-54. Tersedia di Http://ejse.southwestern.edu.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematics Siswa SMK. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sani, M. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Matakuliah Pemeliharaan Mesin Listrik di Jurusan teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro., Volume 04 Nomor 1, Halaman 259-267.
Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM.

Downloads

Published

2019-11-26