PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN TTS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Authors

  • HENIE POERWANDAR ASMANINGRUM UNIVERSITAS MUSAMUS

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1339

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Teka-Teki Silang (TTS), hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Semester 3 yang terdiri dari 13 orang. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh thit = 7,27 lebih besar dari nilai ttabel = 1,78 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan TTS terhadap hasil belajar kimia.

Downloads

Published

2019-11-26