EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1328Keywords:
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), contextual teaching and learning (CTL), keefetifan, larutan elektrolit dan non elektrolitAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang efektif digunakan ditinjau berdasarkan 1) hasil pretest-posttest keterampilan berpikir kritis ; dan 2) hasil pretest-posttest pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan yakni metode 4-P (pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran) namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada 12 peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 1 Cerme yang telah mendapat materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar tesketerampilan berpikir kritis dan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tes keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan N-gain sebanyak 83,33% dengan kriteria tinggi dan 16,67% peserta didik dengan kriteria sedang.; dan 2) tes pengetahuan peserta didik memperoleh 100% tuntas. Berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis dan pengetahuan peserta didik dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD ini efektif digunakan dalam pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit.
References
Ennis, Robert Hugh. (1985). Critical Thinking and the Curriculum. National Forum Phi Kappa Phi Journal. 65(1), 28-31.
Fitriawati, Neni. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTsN Selorejo Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement Versus Traditional Methods: A six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test data For Introducy Physic Courtes. Am J. Phys. Vol. 66. Hlm 66-74
Ibrahim, Muslimin dan Wahyusukartiningsih. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan. Surabaya: Unesa University Press.
Kariadinata, Rahayu dan Maman Abdurahman. (2012). Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nur, M. (2005). Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Unesa University Press.
Sanjaya, Wina. (2011). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.