Efektivitas Penggunaan Simulasi dengan Multisim Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro

  • Ridwan Ridwan Universitas Negeri Manado
  • Djubir Ruslan Edy Kembuan
Keywords: kemampuan berpikir kritis, pembelajaran multisim, virtual laboratory

Abstract

Adanya anjuran pemerintah dalam mengalihkan sementara pembelajaran tatap muka ke pembelajaran jarak jauh dikarenakan pandemi covid 19 yang masih tinggi membuat para pendidik sulit mengutarakan maksud dan tujuan pembelajaran ke peserta didik. Apalagi dengan pembelajaran praktikum, hal ini akan menjadi sulit terealisasikan dengan baik. Sebenarnya pembelajaran praktikum dimasa pandemi covid 19 saat ini bisa dilakukan untuk peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis asalkan didukung semacam peralatan lab yang memadai dalam sebuah aplikasi. Mengatasi hal itu, maka perlu semacam penggunaan multisim dengan bantuan virtual lab dalam praktikum. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan multisim dengan bantuan virtual laboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik mata kuliah praktikum rangkaian listrik jurusan pendidikan teknik elektro. Metode penelitian yang dilakukan ialah eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Analisis data berupa yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan t test > t table (3,82 >1,99) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa ternyata penggunaan simulasi multisim berbantuan virtual laboratory pada pembelajaran praktikum rangkaian listrik efektif secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Published
2021-06-28
Section
Articles