PROFIL BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BAHASA INDONESIA UNTUK SMK KELAS XI TINGKAT MADYA

Authors

  • Indah Pujiastuti

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v3i1.400

Keywords:

profil, buku sekolah elektronik, pendekatan komunikatif, Taksonomi Bloom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil buku sekolah elektronik bahasa Indonesia untuk SMK kelas XI tingkat madya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi.Dari dokumentasi diperoleh informasi berupa gambaran secara lebih lengkap dari sebuah buku sekolah elektronik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil buku sekolah elektronik yang berjudul “Bahasa Indonesia 2 untuk SMK/MAK Semua Program Keahlian†terdiri atas cover dan judul buku, kata sambutan, prakata, daftar isi, petunjuk penggunaan buku, isi pokok (rincian bab), tes semester ganjil, tes semester genap, daftar pustaka, glosarium, dan indeks. Sedangkan pada setiap bab nya terdiri dari judul bab; standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator; tujuan belajar; uraian materi; rangkuman; penugasan, dan uji kompetensi. Buku ini belum sejalan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, hal ini dibuktikan dari penelitian, untuk materi pembelajaran, hanya 2 bab dari 13 bab yang sesuai dengan kompetensi dasar yaitu bab 6 dan bab 11. Terdapat 7 bab yang memiliki kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar dan telah mengacu pada pendekatan komunikatif yaitu pada bab 1, 7, 9, 10, 11, 12, 13. Penilaian pada buku teks yang berbentuk nontes (penugasan) memiliki cakupan keseluruhan ranah Taksonomi Bloom, tetapi hanya penugasan yang terdapat pada 7 bab dari 13 bab yang sesuai dengan kompetensi dasar yaitu bab 1, 7, 9, 10, 11, 12, 13, sedangkan penilaian yang berbentuk tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dengan aspek pemahaman yang lebih dominan.

 

Published

2015-12-29

Issue

Section

Articles