THE EFFECT OF USING ADVENTURE GAME AND PICTURE TO IMPROVE EXTROVERTED STUDENTS’ SPEAKING SKILL
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i1.241Keywords:
keterampilan berbicara, siswa ekstrovert, adventure game, media gambarAbstract
Artikel ini menyajikan hasil penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah siswa ekstrovert yang diajar dengan menggunakan adventure game memiliki keterampilan berbicara dalam teks deskriptif lebih baik daripada siswa ektrovert yang diajar dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi experimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri 125 siswa yang tersebar dalam lima kelas Dengan menggunakan lotre, diperoleh kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas control. Masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa Sebelum diberikan treatment dilakukan penentuan siswa yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrover. Setelah ditentukan peneliti fokus pada siswa ekstrover. Data penelitian dikumpulkan melalui tes (post test only) dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil analis data menunjukkan bahwa Keterampilan berbicara siswa ekstrovert yang diajar dengan menggunakan adventure game lebih baik daripada keterampilan berbicara siswa extrovert yang diajar dengan menggunakan media gambar. Dari temuan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan adventure game memberikan pengaruh lebih yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa extrovert di SMPN 1 Talamau daripada penggunaan media gambar.