PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ARTIKEL MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MERITIM RAJA ALI HAJI TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i1.238Keywords:
Pengaruh, Metode PQ4R, Membaca Pemahaman ArtikelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman artikel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa kelas G2 Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang yaitu pada kelas G2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa kelas G2 saat pretest dengan nilai rata-rata 67,67, (2) kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa kelas G2 pada saat posttest dengan nilai rata-rata 80, (3) terdapat pengaruh yang signifikan sesudah menggunakan metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa G2. Hal ini dapat dilihat dari thitung (6,11) lebih besar dari nilai ttabel (1,697) pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Artinya, bahwa penerapan metode PQ4R sangat membantu siswa ketika membaca artikel.