Resosialisasi Keluarga Pada Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Kecamatan Batuaji Kota Batam
Keywords:
Anak Berhadapan Hukum, Pasca Rehabolitasi, Peran KeluargaAbstract
Abstrak
Anak Berhadapan Hukum (ABH) yang telah menyelesaikan pasca rehabilisasi seringkali menemui kesulitan dalam proses kembali ke dalam masyarakat. Hal ini juga dikarenakan adanya stigma buruk dan juga penolakan dari lingkungan sekitar yang dapat mendorong anak tersebut kembali ke perilaku yang lama dan tidak diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu disinilah pentingnya peran keluarga dalam membantu Anak Berhadapan Hukum untuk melewati tahapan tersebut. Maka dari itu diperlukannya adanya peran keluarga dalam resosialisasi pasca rehabilisasi oleh pihak keluarga untuk mengembalikan anak tersebut ke dalam masyarakat dan juga agar anak tersebut tidak mengulangi kembali kesalahan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran keluarga pada resosialisasi Anak Berhadapan Hukum di Kecamataan Batu Aji Kota Batam. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dan juga menggunakan informan sebanyak 3 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, serta teknik dan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori peran oleh tallcot parson. Hasil penelitian ini ialah peran keluarga pada resosialisasi Anak Berhadapan Hukum sangat penting, peran keluarga tersebut dapat dilihat dari pendekatan pihak keluarga, peningkatan kontrol keluarga, komitmen pihak keluarga pada Anak Berhadapan Hukum, kerjasama dalam resosialisasi pihak keluarga dengan pihak lain, penerapan norma dan nilai, dari peran keluarga tersebut dapat membuat Anak Berhadapan Hukum mendapatkan penerimaan kembali ke dalam masyarakat.
References
Nazira, F. (2022). Peran Program Pelayanan Rehabilitasi Sosial Anak Berhadapan Hukum (ABH). AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 4(2), 251–264.
Pribadi, D. (2018). Perlindungan Terhadap Anak Berhadapan Dengan Hukum. Jurnal Hukum Volkgeist, 3(1), 15–28.
Slavin, Robert E. (2008). Educational Psycology Theory and Practice (Marianto & Samosir (eds.)); Jakarta: PT. indeks.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D ; Bandung : Alfabeta.
Sawitri, O. E. (2021). Sosialisasi Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak (Studi Pada Keluarga Rumah Tangga Guru MA Islamiyah). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 10–21.
Turama, A. R. (2020). Formulasi teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons. EUFONI: Journal of Language, Literary and Cultural Studies, 2(1), 58-69.
Sulistiawati, A., & Nasution, K. (2022). Upaya penanaman pendidikan karakter di sekolah dasar telaah pendekatan struktural fungsional talcott parsons. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 24-33
Syaid, M. N. (2020). Penyimpangan sosial dan Pencegahannya (Sulistiono (ed.)); Semarang :Alprin.
Diana, A. (2020). Dukungan Keluarga Terhadap Anak Berhadapan Hukum (Abh) Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Kelas Ii Bengkulu. In Dukungan Keluarga Terhadap Anak Berhadapan Hukum (Abh) Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Kelas Ii Bengkulu.
Hajerah, A. N. (2020). Gambaran Keberfungsian Keluarga Pada Abh (Anak Berhadapan Dengan Hukum) Di Brsampk (Balai Rehabilitasi Sosial Anak Yang Memerlukan Perlidungan Khusus) Toddopuli Di Makassar.
Hefi Rusnita Dewi, S. P. (2023). Konsep Dasar Metodologi Penelitian; Batam : Cendikia Mulia.
Inderasari, O. P. (2022). Realitas Sosial Anak Berhadapan dengan Hukum ( ABH ) dalam Institusi Total di Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA ) Mataram. 4(1), 40–64.
Muhammad, S. (2019). Perilaku Penyimpangan Sosial Pada Kalangan Remaja Kelurahan Akehuda Kota Ternate Utara. Jurnal Geocivic, 2(2), 206–210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fitria nur fitria nur lisdianingrum; Rahma Syafitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.