STEM dalam merdeka belajar sebagai salah satu strategi pembelajaran matematika
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6383Kata Kunci:
matematika, merdeka belajar, STEMAbstrak
Artikel ini membahas perlunya strategi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam pendidikan, khususnya pembelajaran matematika. Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi yang pesat dan tuntutan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, strategi STEM memunculkan beberapa permasalahan dalam penerapannya. Siswa dan guru menunjukkan penurunan minat terhadap ilmu pengetahuan, terutama fisika, kimia, dan matematika. Dampaknya terasa pada pembelajaran matematika terkait sumber belajar guru yang digunakan di dalam kelas. Adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) menjadi solusi untuk memfasilitasi guru dalam menghadapi tantangan ini. Kegiatan berfokus pada pelatihan guru matematika di sekolah menengah untuk mengembangkan pembelajaran matematika dengan strategi STEM dalam merdeka belajar. Mitra yang terlibat adalah guru dalam MGMP Matematika di Mempawah Hilir. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi langsung yang digunakan untuk melihat kinerja guru dalam melakukan diskusi dengan kelompoknya dan wawancara, serta dokumentasi untuk menggali lebih dalam respons mereka terkait kegiatan PKM. Hasil kegiatan menunjukkan adanya upaya guru meningkatkan partisipasi siswa dalam sains dan matematika. Inisiatif termasuk pengembangan keterampilan STEM, kolaborasi dengan industri, dan pendirian taman teknologi. Dari sini, tujuan utama adalah meningkatkan pemahaman guru dan siswa pentingnya STEM dalam kehidupan nyata. Kesimpulan menyoroti pentingnya reformasi kurikulum dan pembelajaran lebih menarik bagi guru dan siswa terhadap matematika. Disadari bahwa masih banyak perlu diperbaiki dalam hal pengetahuan, minat, dan sikap terhadap strategi STEM. Saran disampaikan tentang perlunya standar jelas dan investasi dalam penelitian dan pendidikan untuk mencapai tujuan dari strategi pembelajaran STEM yang baik.
Unduhan
Referensi
Abramovich, S., Burns, J., Campbell, S., & Grinshpan, A. Z. (2016). STEM education: Action learning in primary, secondary, and post-secondary mathematics. IMVI Open Mathematical Education Notes, 6(2).
Abramovich, S., & Grinshpan, A. Z. (2012). Bridging K-12 and university mathematics: Building the staircase from the top. IMVI Open Mathematical Education Notes, 2, 1–21.
Apostu, S. A., Mukli, L., Panait, M., Gigauri, I., & Hysa, E. (2022). Economic growth through the lenses of education, entrepreneurship, and innovation. Administrative Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/admsci12030074
Bennett, C. A., & Ruchti, W. (2016). Bridging STEM with mathematical practices. Journal of STEM Teacher Education, 49(1).
Berlin, D. F., & Lee, H. (2005). Integrating science and mathematics education: Historical analysis. School Science and Mathematics, 105(1). https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2005.tb18032.x
Birney, L., McNamara, D., Sanders, C., Luintel, H., & Penman, J. (2018). Curriculum and community enterprise for restoration sciences: The expansion and future of the model. International Research in Higher Education, 3(4). https://doi.org/10.5430/irhe.v3n4p1
Bybee, R. W. (2013). The case for education: STEM challenges and opportunities. NSTA (National Science Teachers Assocation).
Davies, N. (2003). Mathematical skills in the workplace. MSOR Connections, 3(1), 4–4. https://doi.org/10.11120/msor.2003.03010004a
Ghufron, M. (2018). Revolusi industri 4.0: Tantangan, peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Halsey, K., Harland, J., & Springate, I. (2007). Increasing capacity in STEM education research: A study exploring the potential for a fellowship programme. Research Summary. National Foundation for Educational Research..
Irfandi, I., Syahza, A., & Putra, Z. H. (2022). Studi meta analisis: Pengaruh STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematic) terhadap hasil belajar. Formatif: Jurnal Pembangunan Pendidikan MIPA, 9(1), 71-82.
Khotimah, R. P., Pratiwi, A. S. R., & Pratiwi, I. I. (2023). Pelatihan pembelajaran matematika berbasis STEM bagi guru
SMA/SMK/MA Muhammadiyah Surakarta. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2514
Maneejuk, P., & Yamaka, W. (2021). The impact of higher education on economic growth in Asean-5 countries.
Sustainability (Switzerland), 13(2). https://doi.org/10.3390/su13020520
OECD. (2006). Evolution of Student Interest in Science and Technology Studies. Policy Report.
Ozdemir, H. (2020). Maths instruction in vocational high school from teachers and students’ eyes: A different kettle of fish. Journal of Research in Mathematics Education, 9(2). https://doi.org/10.17583/redimat.2020.3796
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897 Rosidah, R., Djam’an, N., & Khuluq, M. H. (2019). Pengembangan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran
matematika berbasis STEM dengan alat sederhana. Seminar Nasional Hasil Pengabdian.
Schwab, K., & Sala-i-Martin, X. (2016). The world economic forum global competitiveness report 2016-2017. In World Economic Forum.
Steen, L. A. (2003). Data, shapes, symbols: Achieving balance in school mathematics. Quantitative literacy: Why numeracy matters for schools and colleges, 53-74.
Ziberi, B. F., Rexha, D., Ibraimi, X., & Avdiaj, B. (2022). Empirical analysis of the impact of education on economic growth. Economies, 10(4). https://doi.org/10.3390/economies10040089
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Anugerah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.