Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Dusun Jegles Kecamatan Tarokan Kediri

Penulis

  • M. Ubaidillah Ridwanulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri https://orcid.org/0000-0002-0415-8724
  • Agus Miftakus Surur Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Setiawan Setiawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Intan Putri Rahayu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4588

Kata Kunci:

bimbingan belajar, pandemi covid-19, strategi pembelajaran

Abstrak

Covid-19 berdampak signifikan pada bidang pendidikan di Indonesia di semua jenjang. Proses belajar mengajar seharusnya dilakukan secara tatap muka atau offline, namun dengan adanya Covid-19 ini pemerintah memberlakukan pembelajaran secara daring atau online yang menyebabkan anak-anak mengalami kesulitan belajar. Tujuan pengabdian ini untuk mengetahui dan membantu kesulitan belajar anak-anak Dusun Jegles di masa pandemi Covid-19 serta mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan pendidik sehingga dapat memberikan referensi kepada para orang tua dalam membimbing anak-anak belajar secara online. PkM ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), strategi dengan berbaur kepada masyarakat dan membantu permasalahan yang dihadapinya melalui program bimbingan belajar “ceriaâ€Â. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dan membawa perubahan sosial di masyarakat. Adapun kegiatan bimbingan belajar dilakukan pada empat puluh anak di Dusun Jegles, Desa Tarokan yang meliputi 8 anak TK/RA, 25 anak SD/MI, 8 anak SMP/MTS. Hasil kegiatan PkM adalah program bimbingan belajar “ceria†berhasil membantu kesulitan belajar yang dialami anak-anak di Dusun Jegles. Dengan adanya bimbingan belajar “ceriaâ€Â, anak lebih semangat dan termotivasi dalam belajar. Kesulitan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan pemahaman materi sekolah dapat teratasi dengan baik. Masyarakat Dusun Jegles merasa senang dengan adanya bimbingan belajar “ceria†pada pembelajaran online selama pandemi Covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. (2006). Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol 11 No 01, 2.

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid 19. Jurnal Borneo Administrator, Vol 16 No 2, 253-270.

Aini, S. N., & Sudira, P. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Praktik dan Media Terhadap Hasil Belajar Patiseri SMK Se-Gerbangkertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5 No 1, 91.

Andayani, N. S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, Volume 2 No 1.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Jurnal Madrasah, Vol 5 No 2, 169.

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Al-Ibrah, Vol 2 No 2, 122.

Fiah, R. E., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 3 No 2, 171.

Hasibuan, M. D., & dkk. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Indonesian Trust Health Journal, Vol 3 No 2.

Karimatunnissa, A. (2020). Skripsi "Analisis Strategi Pembelajaran Daring pada Guru Era Pandemi Covid 19 (Penelitian dilaksanakan di SDN Deyangan 2 Mungkid Kabupaten Magelang)". Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kusuma, A. T., Fernanda, R. S., Zazilah, R., Leksono, I. D., Dewi, S. S., Sakti, R. P., & Agustin, A. F. (2021). Program Bimbingan Belajar di Pucang Arjo Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Siswa TK hingga SD (Sekolah Dasar). Jurnal Layanan Masyarakat, Vol 5 No 1.

Lubis, A. A. (2013). Konsep Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab. Jurnal Darul Ilmi, Vol 01 No 02, 202.

Maufiroh, D. L., Yuline, & Endang, B. (2017). Artikel "Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa X IPA di SMAN 10 Pontianak". 5.

Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 No 2, 458.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Infromasi Kesehatan. Jurnal Lontar, Vol 6 No 1, 16.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol 1 No 2, 210.

Prayitno, Erman, & Amti. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Purwanto. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 Trhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal of Education Psychology and Counseling Vol 2 No 1.

Putri, N. C. (2010). Partisipatory Action Research. Jakarta : Universitas Islam As-Syafi'iyyah.

Sari, F. I., Sulaeman, A., Amin, R., Guntur, D., Bahri, M., & Purnawati. (2021). Edukasi dan Bimbingan Belajar Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Vol 01 No 01.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No 1, 3.

Sofyana, L., & A, R. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis WhatsApp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol 8 No 1, 81.

Syafrida, & Hartati, L. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, Vol 7 No 6, 496.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Ridwanulloh, M. U. ., Surur, A. M. ., Setiawan, S., & Rahayu, I. P. . (2023). Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Dusun Jegles Kecamatan Tarokan Kediri. Jurnal Anugerah, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4588