Pelatihan strategi pembelajaran melalui penggunaan bahasa matematika bagi guru-guru Maitreyawira

Authors

  • Meryansumayeka Meryansumayeka Universitas Sriwijaya
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya
  • Darmawijoyo Darmawijoyo Universitas Sriwijaya
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Hapizah Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya
  • Weni Dwi Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Novika Sukmaningtyas Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.5155

Keywords:

bahasa matematika, pelatihan, strategi pembelajaran matematika

Abstract

Dukungan guru dalam pembelajaran terhadap pemahaman bahasa matematika oleh siswa dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir logis, analitis, dan kritis. Namun, guru masih kurang dalam menggunakan bahasa matematika pada proses pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan masih minimnya pengetahuan dan keterampilan guru terhadap penggunaan bahasa matematika dalam pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) pada kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru matematika Yayasan Maitreyawira dalam merancang strategi pembelajaran matematika melalui penggunaan bahasa matematika. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam 3 level kompetensi, yaitu level 1 tentang pengertian bahasa matematika yang dari fenomena yang ada di sekitar; level 2 berkenaan dengan strategi pembelajaran menggunakan bahasa matematika; level 3 mengimplementasikan strategi pembelajaran yang dirancang guru ke dalam kelas simulasi. Pencapaian 3 level kompetensi ini dilakukan secara berjenjang. Metode pelatihan meliputi Focus Group Discussion (FGD), proyek, presentasi, dan implementasi pengajaran pemodelan matematika secara simulai. Tiga puluh guru matematika dari guru SD sampai guru SMA, dari Yayasan Cahaya Maitreyawira Palembang, mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid. Data dikumpulkan melalui pemberian angket yang bertujuan untuk melihat kepuasan peserta pelatihan dan dokumen hasil kerja guru untuk melihat kemampuan guru dalam merancang strategi pembelajaran matematika. Pelaksanaan pelatihan telah berjalan dengan baik. Respons peserta menunjukkan kepuasan terhadap pelatihan yang diberikan dan hasil pelatihan menunjukkan guru mampu merancang startegi pembelajaran matematika di topik bilangan pecahan melalui penggunaan bahasa matematika dengan baik. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran pada topik pecahan yang dirancang kepada siswa di dalam kelasnya. Kemampuan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran melalui penggunaan bahasa matematika di kelas menunjukkan penguasaan guru terhadap 3 level kompetensi dalam pelatihan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.
Fatkhurrohman, L. (2016). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Berhitung Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Siswa Kelas VII MTs Al Huda Bandung.
Ferrari, P. L. (2004). Mathematical Language and Advanced Mathematics Learning. International Group for the Psychology of Mathematics Education.
Mustakim, M., Shoffa, S., & Hidayatullah, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbasis schoology untuk meningkatkan literasi digital matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 88-99.
Purpura, D. J., Napoli, A. R., Wehrspann, E. A., & Gold, Z. S. (2017). Causal connections between mathematical language and mathematical knowledge: A dialogic reading intervention. Journal of Research on Educational Effectiveness, 10(1), 116-137.
Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. UAD PRESS.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Meryansumayeka, M., Hiltrimartin, C. ., Aisyah, N., Somakim, S., Darmawijoyo, D., Hartono, Y., Hapizah, H., Mulyono, B., Pratiwi, W. D., & Sukmaningtyas, N. (2024). Pelatihan strategi pembelajaran melalui penggunaan bahasa matematika bagi guru-guru Maitreyawira. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 85–98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.5155

Most read articles by the same author(s)