Pelatihan strategi pembelajaran melalui penggunaan bahasa matematika bagi guru-guru Maitreyawira

Authors

  • Meryansumayeka Meryansumayeka Universitas Sriwijaya
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya
  • Darmawijoyo Darmawijoyo Universitas Sriwijaya
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Hapizah Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya
  • Weni Dwi Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Novika Sukmaningtyas Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.5155

Keywords:

bahasa matematika, pelatihan, strategi pembelajaran matematika

Abstract

Dukungan guru dalam pembelajaran terhadap pemahaman bahasa matematika oleh siswa dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir logis, analitis, dan kritis. Namun, guru masih kurang dalam menggunakan bahasa matematika pada proses pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan masih minimnya pengetahuan dan keterampilan guru terhadap penggunaan bahasa matematika dalam pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) pada kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru matematika Yayasan Maitreyawira dalam merancang strategi pembelajaran matematika melalui penggunaan bahasa matematika. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam 3 level kompetensi, yaitu level 1 tentang pengertian bahasa matematika yang dari fenomena yang ada di sekitar; level 2 berkenaan dengan strategi pembelajaran menggunakan bahasa matematika; level 3 mengimplementasikan strategi pembelajaran yang dirancang guru ke dalam kelas simulasi. Pencapaian 3 level kompetensi ini dilakukan secara berjenjang. Metode pelatihan meliputi Focus Group Discussion (FGD), proyek, presentasi, dan implementasi pengajaran pemodelan matematika secara simulai. Tiga puluh guru matematika dari guru SD sampai guru SMA, dari Yayasan Cahaya Maitreyawira Palembang, mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid. Data dikumpulkan melalui pemberian angket yang bertujuan untuk melihat kepuasan peserta pelatihan dan dokumen hasil kerja guru untuk melihat kemampuan guru dalam merancang strategi pembelajaran matematika. Pelaksanaan pelatihan telah berjalan dengan baik. Respons peserta menunjukkan kepuasan terhadap pelatihan yang diberikan dan hasil pelatihan menunjukkan guru mampu merancang startegi pembelajaran matematika di topik bilangan pecahan melalui penggunaan bahasa matematika dengan baik. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran pada topik pecahan yang dirancang kepada siswa di dalam kelasnya. Kemampuan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran melalui penggunaan bahasa matematika di kelas menunjukkan penguasaan guru terhadap 3 level kompetensi dalam pelatihan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.

Darmawijoyo, D., Fathurohman, A., Akila, M., & Somakim, S. (2023). Learning mathematical modelling: A portrait of secondary school student’s mathematical perception in learning mathematical modelling. In Pratiwi, W. D., Araiku, J., Mulyono, B., Hartono, Y., de Villiers, M (Eds.), Mathematical proof as a tool for learning mathematics. Conference proceedings of the 2nd National Conference of Mathematics Education (NaCoME) 2021. AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0150968

Erath, K., Ingram, J., Moschkovich, J., & Prediger, S. (2021). Designing and enacting instruction that enhances language for mathematics learning: A review of the state of development and research. ZDM–Mathematics Education, 53, 245-262.

Fatkhurrohman, L. (2016). Kemampuan verbal dan kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pokok himpunan siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung (Undergraduate’s thesis). Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Febianti, D., & Darmawijoyo, D. (2023). Pembelajaran matematika: Potret kompetensi pemodelan matematika siswa kelas IX pada materi luas permukaan dan volume tabung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1729-1743.

Ferrari, P. L. (2004). Mathematical language and advanced mathematics learning. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp 383-390).

Hiltrimartin, C., Aisyah, N., Somakim, S., Hartono, Y., Darmawijoyo, D., Hapizah, H., ... & Simarmata, R. H. (2022). Pendampingan penyusunan asesmen pembelajaran pemodelan matematika bagi guru matematika Maitreyawira untuk mengukur kemampuan pemodelan peserta didik. Journal of Sriwijaya Community Service on Education (Jscse), 1(1), 38-47.

Jupri, A., & Drijvers, P. (2016). Student difficulties in mathematizing word problems in algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2481-2502.

Mingke, G. P., & Alegre, E. M. (2019). Difficulties encountered in mathematical word problem solving of the grade six learners. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(6), 336-345.

Mustakim, M., Shoffa, S., & Hidayatullah, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbasis schoology untuk meningkatkan literasi digital matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 88-99.

O’Halloran, K. L. (2015). The language of learning mathematics: A multimodal perspective. The Journal of Mathematical Behavior, 40, 63-74. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2014.09.002

Powell, S. R., Stevens, E. A., & Hughes, E. M. (2019). Math language in middle school: Be more specific. TEACHING Exceptional Children, 51(4), 286-295.

Purpura, D. J., Napoli, A. R., Wehrspann, E. A., & Gold, Z. S. (2017). Causal connections between mathematical language and mathematical knowledge: A dialogic reading intervention. Journal of Research on Educational Effectiveness, 10(1), 116-137.

Riccomini, P. J., Smith, G. W., Hughes, E. M., & Fries, K. M. (2015). The language of mathematics: The importance of teaching and learning mathematical vocabulary. Reading & Writing Quarterly, 31(3), 235-252.

Rohmah, S. N. (2021). Strategi pembelajaran matematika. UAD PRESS.

Salim, H., Tiurlina, T., Hanif, M., & Kurniasih, D. (2022). Pelatihan strategi pembelajaran matematika berbasis kemampuan berbahasa pada guru SD. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 2(1), 37-49.

Simpson, A., & Cole, M. W. (2015). More than words: A literature review of language of mathematics research.

Educational Review, 67(3), 369-384.

Sugilar, S. (2016). Peningkatan kepercayaan diri untuk mengajar matematika melalui pelatihan pengetahuan matematika wawasan. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Swanson, H. L. (2016). Word problem solving, working memory and serious math difficulties: Do cognitive strategies really make a difference?. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 5(4), 368-383.

Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J., & Van Dooren, W. (2020). Word problems in mathematics education: A survey. ZDM-Mathematics Education, 52, 1-16.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Meryansumayeka, M., Hiltrimartin, C. ., Aisyah, N., Somakim, S., Darmawijoyo, D., Hartono, Y., Hapizah, H., Mulyono, B., Pratiwi, W. D., & Sukmaningtyas, N. (2024). Pelatihan strategi pembelajaran melalui penggunaan bahasa matematika bagi guru-guru Maitreyawira. Jurnal Anugerah, 6(1), 85–98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.5155

Most read articles by the same author(s)