Pendampingan pengembangan kompetensi pedagogik guru PPKn SMA dalam pembuatan dan implementasi desain pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodir keberagaman peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.31629/s7mq3v17Keywords:
desain, pembelajaran berdiferensiasi, kompetensi pedagogik, keberagaman, peserta didikAbstract
Guru sebagai aktor utama dalam berlangsungnya proses pendidikan harus memahami bahwa setiap anak itu unik dan beragam. Menyikapi realita ini tugas guru adalah mendesain pembelajaran yang mengakomodir keberagaman tersebut. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pertama mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi kedua meningkatkan pelayanan guru dalam menghadapi keberagaman peserta. Metode dan bentuk kegiatan adalah pelatihan dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari terdiri dari 5 tahapan yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan, pendampingan, evaluasi, keberlanjutan program. Mitra kegiatan adalah MGMP PPKn SMA Kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui angket, observasi dan wawancara. Indikator keberhasilan dilihat dari aspek guru, murid dan sistem pembelajaran. Hasil kegiatan menyimpulkan kegiatan PPM dari aspek guru berhasil meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang ditandai dengan pemahaman konseptual, kemampuan memetakan peserta didik, mendesain modul ajar, keterampilan mengimplementasikan desain pembelajaran, dan kepuasan. Kegiatan PPM meningkatkan pelayanan guru dalam menghadapi keberagaman peserta Dari aspek peserta didik ditandai dengan terciptanya situasi nyaman, kepercayaan diri, keaktifan, serta refleksi diri peserta didik. Dari aspek sistem pembelajaran kegiatan telah berhasil menciptakan budaya kelas berupa kepedulian, paradigma positif dan kolaborasi.
References
Anggarwati, H., & Alfiandra, A. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi untuk mewujudkan kebutuhan belajar setiap peserta didik di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1).
Aryansyah, R., & Alfiandra, A. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan: sebuah tinjauan pustaka sistematis. Jurnal Kewarganegaraan, 21(1), 34. https://doi.org/10.24114/jk.v21i1.52850
Dari, T. A. W., Alfiandra, & Safitri, S. (2025). E-Module based on content differentiation in civics eduaction for grade 10 senior high school. Jurnal Edutech Undiksha, 13(1), 200–209. https://doi.org/10.23887/jeu.v13i1.84306
Devi, W. H. S. (2024). Pembelajaran berdiferensiasi sebagai strategi mengatasi keberagaman kemampuan dari peserta didik di smp negeri 51 palembang dalam rangka mewujudkan kurikulum merdeka. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 223–231.
Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: The Theory in practice (1st edition). New York: Basic Book.
Geel, M. V., Keuning, T., & Safar, I. (2022). How teacher develop skills for implementing differentiated instruction: Helful and hindering factors. Teaching and Teacher Eduaction: Leadership & Professional, 1. https://doi.org/10.1016/j.tatelp.2022.100007
Goyibova, N., Muslimov, N., Sabirova, G., Kadirova, N., & Samatova, B. (2025). MethodsX Differentiation approach in education : Tailoring instruction for diverse learner needs. MethodsX, 14(December 2024), 103163. https://doi.org/10.1016/j.mex.2025.103163
Hake, R. R. (1999). Analyzing cahnge/gain scores. Woodland Hills, CA.
Khasanah I., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi pembelajaran berdirferensiasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324–5332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11857
Liou, S., Cheng, C., Chu, T., Chang, C., & Liu, H. (2023). Effectiveness of differentiated instruction on learning outcomes and learning satisfaction in the evidence‐based nursing course: Empirical research quantitative. Nursing Open, 10(10), 6794–6807. https://doi.org/10.1002/nop2.1926
Maslow, A. H. (1987). Motivation and Personality (3rd ed.; R. F. J. M. C. C. R. Fragers, Ed.). New York: Harper & Row.
Morgan, H. (2014). Maximizing student success with differentiated learning. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 87(1), 34–38. https://doi.org/10.1080/00098655.2013.832130
Nuraini, A. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 232–249.
Piaget, J. (1952). The origins of intellegence in children (1st ed.). New York: International Universities Pres. https://doi.org/10.1037/11494-000
Pozas, M., Letzel, V., Bost, N., & Reichertz, J. (2022). Confident, positive, but interested? Exploring the role of teachers’ interest in their practice of differentiated instruction. Frontiers in Education, 7, 964341. Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.964341
Putri, N. L. V. W., & Mangunsong, F. M. (2024). Empowering educators: Exploring teacher undestanding and implementation of differentiated instruction in Indonesia primer schools. Mimbar Sekolah Dasar, 11(3), 542–556. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v11i3.75215
Ramli, R., & Yusoff, N. M. (2020). Self-efficacy and differentiated instruction: A study among Malaysian school teachers. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080416
Safitri, S., Farida, F., Suhendi, D., & Alfiandra, A. (2025). Pendampingan pembuatan desain pembelajaran berdiferensiasi pada program merdeka belajar bagi guru MGMP Sejarah SMA Kabupaten Ogan Ilir. Abdimas Galuh, 7(1), 530–541. https://doi.org/10.25157/ag.v7i1.17104
Shianita, E. T. A., & Alfiandra, A. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan perilaku mandiri peserta didik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 233–241.
Smets, W., & Struyven, K. (2020). A teachers’ professional development programme to implement differentiated instruction in secondary education: How far do teachers reach. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1742273
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes (1st ed.; M; John-S.; Sourberman, E Cole, Ed.). Cambrige, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Anugerah : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








