Psikoedukasi tentang perilaku menyimpang siswa sebagai upaya peningkatan pemahaman mahasiswa PGSD Universitas Kristen Satya Wacana angkatan 2023
DOI:
https://doi.org/10.31629/m78fmv70Keywords:
psikoedukasi, perilaku menyimpangAbstract
Perilaku menyimpang merupakan fenomena yang makin kompleks di tengah pesatnya perkembangan globalisasi dan teknologi. Perilaku menyimpang yang ditunjukkan siswa, seperti agresivitas, pemberontakan terhadap otoritas, hingga ledakan emosi, berpotensi mengganggu proses pembelajaran dan perkembangan psikososial mereka. Kegiatan psikoedukasi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa PGSD FKIP UKSW angkatan 2023 dengan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam mengenali serta menangani gangguan perilaku siswa seperti Conduct Disorder (CD), Oppositional Defiant Disorder (ODD), dan Intermittent Explosive Disorder (IED). Melalui pendekatan interaktif seperti ceramah, diskusi kelompok, dan roleplay, mahasiswa dilatih untuk mengembangkan empati, komunikasi efektif, serta strategi intervensi yang tepat. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan skor pretest rata-rata 5,68 meningkat menjadi 16,50 pada posttest. Psikoedukasi ini dinilai efektif dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa sebagai calon guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kesehatan mental siswa. Disarankan agar kegiatan serupa diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan guru dan dilakukan secara berkala dengan dukungan profesional, guna memperkuat kapasitas pendidik dalam menghadapi dinamika perilaku siswa di sekolah dasar.
References
Agustin, R., & Rakhman, C. (2023). Strategi guru dalam menghadapi karakteristik peserta didik yang berbeda-beda melalui pemanfaatan gaya belajar di Sekolah Dasar Cilegon II. Jurnal Didaktik: Pendidikan Dasar, 4(2), 1140–1150. https://www.journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1978
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Fifth edition (DSM-5) (5th ed.). American Psychiatric Publishing.
Al Rivaldi, A. (2024). Analisis faktor penyebab stres pada mahasiswa dan dampaknya terhadap kesehatan mental. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(4), 11–18. https://doi.org/10.55606/detector.v2i4.4378
Ardiansyah, R., & Muridan. (2023). Perilaku menyimpang dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.57094/jubikon.v3i2.1086
Asry, W. (2023). Peran orang tua terhadap penyimpangan remaja di dalam keluarga. Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa, 3(2), 43–55.
Doolittle, P., Wojdak, K., & Walters, A. (2023). Defining Active Learning: A Restricted Systematic Review. Teaching & Learning Inquiry, 11. https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.11.25
Fauziah, A. J., Martinihani, M., Nasir, N., & Indrawan, P. R. (2024). Penerapan diskusi kelompok dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X.2 dalam mata pelajaran sosiologi di SMAN 4 Maros. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i1.2665
Ginting, A. D. B., Ayudya, M., Siagian, P. T., & Simbolon, T. (2025). Peran komunikasi berbasis empati dalam meningkatkan interaksi guru dalam mengajar. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(4), 30–38.
Gularso, D., & Indrianawati, M. (2022). Perilaku menyimpang di sekolah dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 54–63. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12205
Hasugian, A., Siregar, D. E., Nasution, S. N. K., & Purba, T. (2025). Strategi guru BK dan wali kelas dalam menangani siswa bermasalah di SMP Negeri 4 Medan. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 303–317. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Hardik
Jariyah, I. A., & Husamah, H. (2024). Profile analysis of critical thinking ability of science education study program students. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 12(1), 1-10.
Jasmiara, M., & Herdiansah, A. G. (2021). Kenakalan remaja di kalangan siswa sekolah menengah atas di Bandung: Studi pendahuluan. Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan dan Hubungan Internasional, (September), 169–174.
Jones-Roberts, C., & Bechtold, C. (2024). Experiential Learning in Higher Education. Journal of Technology-Integrated Lessons and Teaching, 3(2), 53–63. https://doi.org/10.13001/jtilt.v3i2.8587
Kouwagam, M. L., & Lunanta, L. P. (2021). Pendekatan eksplorasi pada kasus anak Oppositional Defiant Disorder di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 154. https://doi.org/10.25278/jitpk.v2i2.622
Majid, A. (2024). Gangguan psikologis dalam dunia pendidikan: Mengupas hubungan gangguan perilaku dan gangguan belajar pada kesehatan mental. Jurnal Mitra, 2(22), 1–23.
Marcel, I. (2022). Tinjauan atas gangguan tingkah laku pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 49(7), 377–381. https://doi.org/10.55175/cdk.v49i7.252
Nahuda, M. (2024). Peran pendidik untuk menanggulangi penyimpangan. Jurnal Pendidikan, 7, 12522–12527.
Noer, S., Santoso, B., Riskiyono, J., Suhardja, H., Mardiana, A., Junaedi, D., Paturohman, A., & Pratiwi, I. (2023). Pengaruh globalisasi terhadap masyarakat. Prosiding SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan PkM, 4(1), 1633–1641.
Puspita, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siswa sekolah menengah pertama (SMP). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11-21.
Radwan, K., & Coccaro, E. F. (2020). Comorbidity of disruptive behavior disorders and intermittent explosive disorder. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s13034-020-00330-w
Rangkuti, Y. K. (2023). Pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi relasi dan fungsi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Rizqi, H. Y., Suhirno, S., & Setiawan, F. E. (2020). The effectiveness of the team games tournament (TGT) learning model assisted by fun throw ball on numeracy skills and learning motivation of elementary school students. Journal of Educational Sciences, 9(3), 1153-1162.
Rumjaun, A., & Narod, F. (2025). Social learning theory—albert bandura. In Science education in theory and practice: An introductory guide to learning theory (pp. 65-82). Cham: Springer Nature Switzerland.
Ruziqna, N. D. V., & Nurkhalisha, E. (2022). Psikoedukasi untuk meningkatkan pengetahuan guru yang memiliki siswa dengan gangguan atensi belajar. Jurnal Studia Insania, 10(2), 76–99. https://doi.org/10.18592/jsi.v10i2.7065
Saemah, R. (2020). Improving the power of lecture method in higher education (pp. 135–147). https://doi.org/10.1007/978-981-15-4847-5_10
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun paradigma tentang makna guru pada pembelajaran culturally responsive teaching dalam implementasi kurikulum merdeka di era abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 11-11.
Shamsudin, R. I., Hasmin, N. A., & Azmi, N. A. (2023). The use of role play in enhancing speaking skill: The perception of Polytechnic students in the communicative English class. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(3), 2014–2023. https://doi.org/10.6007/ijarped/v12-i3/19311
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh integrasi teknologi pembelajaran terhadap efektivitas dan transformasi paradigma pendidikan era digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Souza, R. P. P. (2019). Strategies for early identification of risk behaviors in children and adolescents. https://doi.org/10.69849/revistaft/ch10201911180729
Silviana, N. A., & Sufiyanto, M. I. (2024). Strategi guru untuk mengatasi bullying dan kekerasan pada tingkat Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-10.
Tursina, S. R., & Firman, F. (2024). Psychoeducational film intervention with cognitive behavioural therapy (CBT) to enhance secure attachment of students towards parents. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 13(1), 133-151. https://doi.org/10.12928/jehcp.v13i1.28461
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Anugerah : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








