Penguatan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dengan pelatihan menulis berbasis teks mentor

Authors

  • Ermalianti Ermalianti Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Yansyah Yansyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Mufida Istati Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Haris Fadilah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Nurul Rahmi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7369

Keywords:

artikel ilmiah, keterampilan menulis, teks mentor, workshop

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengenali struktur dan isi artikel ilmiah yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, program pengabdian dilaksanakan dalam bentuk workshop yang didominasi oleh praktik. Praktik dilakukan melalui pemberian teks mentor sehingga mahasiswa bisa menganalisis secara langsung contoh karya yang telah terbit serta mengenali elemen-elemen yang diperlukan dalam menulis artikel yang terbit di jurnal terakreditasi Sinta 2 dan Sinta 3. Workshop ini diikuti oleh 35 mahasiswa berbagai jurusan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari dan berlangsung selama satu hari penuh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Observasi bertujuan untuk melihat detail proses pelatihan serta kemampuan mahasiswa dalam mengenali struktur dan isi artikel, yang ditampilkan pada presentasi dan hasil unjuk kerja. Selanjutnya, angket bertujuan untuk melihat persepsi terkait kebermanfaatan kegiatan terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Analisis atas hasil observasi dilakukan secara kualitatif dan hasil angket secara kuantitatif. Hasil observasi selama proses workshop menunjukkan bahwa penggunaan teks mentor dapat memandu mahasiswa untuk mengenali struktur dari artikel ilmiah dan konten dari struktur tersebut. Hasil dari angket evaluasi  menunjukkan bahwa 90,5% peserta pelatihan mendapatkan manfaat dan 100% dari mereka antusias untuk mengikuti kegiatan serupa pada masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Ermalianti, E., Yansyah, Y., Istati, M. ., Fadilah, H., & Rahmi, N. (2024). Penguatan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dengan pelatihan menulis berbasis teks mentor. Jurnal Anugerah, 6(2), 201–212. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7369