Peningkatan pemahaman siswa melalui pelatihan dan penggunaan media ”bibantar” (binder bangun datar) di sekolah menengah pertama

Authors

  • Malikatul Balqis STKIP PGRI Sumenep
  • Moh. Zainor Rahman STKIP PGRI Sumenep
  • Eko Agustiawan STKIP PGRI Sumenep
  • Kurratul Aini STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.31629/de7q1942

Keywords:

bangun datar, bibantar, matematika

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep bangun datar merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang cenderung satu arah dan kurang interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pelatihan dan penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Media yang digunakan bernama BiBanTar (Binder Bangun Datar), yaitu alat bantu pembelajaran yang terbuat dari kardus yang dilapisi kertas berwarna dan dihias dengan berbagai tempelan kreatif sehingga mampu menarik minat belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang-Batang dengan melibatkan 23 siswa kelas VII. Metode kegiatan meliputi observasi awal, pelatihan pembuatan media, penerapan dalam pembelajaran, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Instrumen evaluasi disusun oleh tim pelaksana berdasarkan materi pelatihan dan telah ditelaah oleh guru matematika dari sekolah serta dosen pengampu untuk memastikan kesesuaian isi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan, dari nilai rata-rata pre-test  (kategori rendah) menjadi  (kategori tinggi) berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sehingga media ini mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan serta mendorong guru lebih kreatif dalam mengembangkan media kontekstual.

References

Aini, K. (2017). Penerapan pendidikan matematika realistik (pmr) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Autentik, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.637

Aini, K., & Yasid, A. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui hybrid learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7775–7781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3589

Alfina, S., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa mts pada materi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 405. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10283

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan siswa smp pada pembelajaran geometri materi bangun datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–146. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1230

Alwasi, F. T., Saputri, S., Nurohmah, W., & Komariah. (2023). Penggunaan media pembelajaran puzzle bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada materi menyusun dan mengurai bangun datar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2446–2457. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.922

Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan siswa smp mutiara 5 lembang pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2029–2039. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.706

Azro S. S., & Sutriyani W. (2025). Pengembangan media ludo matematika untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung siswa sekolah dasar. 5, 594–609. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.1660

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan sekolah luar biasa, dan jenis-jenis sekolah luar biasa. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian soal cerita pada siswa diskalkulia ditinjau dari teori bruner dengan metode drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1081

Fuady, A., Agustiawan, E., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2023). Pelatihan Pembelajaran media digital berbasis power point materi statistika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), 923–929. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4645

Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Febriyanto, B. (2021). Pentingnya media tangram terhadap kemampuan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(2), 290–294.

Kelana, J. B., Muftianti, A., & Samsudin, A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar mahasiswa pgsd. jurnal ilmiah p2m stkip siliwangi, 7(1), 48–54.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Kharismawati, A., & Desstya, A. (2021). Pemanfaatan kardus bekas untuk media pembelajaran ipa di sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19419

Makhmuda S. (2021). Analisis iterasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 318–325.

Misbahudholam A. R. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan game edukasi berbasis sdgs dalam upaya membentuk karakter melalui penguatan projek profil pelajar pancasila bagi guru mi ziyadatul ulum desa kambingan barat. Jabb, 4(1), 2023.

Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis software wondershare filmora pada mata pelajaran ipa di sd. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514

Rifandi, M., Muzakkir, N. A., & Mayapada, R. (2025). Pelatihan penggunaan chatgpt sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa man 1 majene, Sulawesi Barat A training program on utilizing ChatGPT as a mathematics learning. Jurnal Anugerah, 7(x), 75–86.

Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media dalam pembelajaran smk. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336–344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655

Sanjani, M. A. (2021). pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.

Sitohang, U., Pasaribu, A. G., Simanungkalit, M., & Hulu, A. (2024). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar pak bagi siswa kelas viii smp negeri 1 siempat nempuh hulu tahun pembelajaran 2023 / 2024. 1(3), 138–148. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i3.659

Solihah, S., & Muhtadi, D. (2025). Kesulitan konseptual dan prosedural siswa smp dalam materi kesebangunan Pendahuluan. 04(01), 123–140. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2623

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Ulia, N., Kusumadewi, R. F., & Hariyono, M. (2025). Media pembelajaran inovatif berbasis internet untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru sekolah dasar. 6(10), 468–479. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i2.23564

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131

Downloads

Published

2025-11-30