Peningkatan pemahaman siswa melalui pelatihan dan penggunaan media ”bibantar” (binder bangun datar) di sekolah menengah pertama
DOI:
https://doi.org/10.31629/de7q1942Keywords:
bangun datar, bibantar, matematikaAbstract
Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep bangun datar merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang cenderung satu arah dan kurang interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pelatihan dan penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Media yang digunakan bernama BiBanTar (Binder Bangun Datar), yaitu alat bantu pembelajaran yang terbuat dari kardus yang dilapisi kertas berwarna dan dihias dengan berbagai tempelan kreatif sehingga mampu menarik minat belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang-Batang dengan melibatkan 23 siswa kelas VII. Metode kegiatan meliputi observasi awal, pelatihan pembuatan media, penerapan dalam pembelajaran, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Instrumen evaluasi disusun oleh tim pelaksana berdasarkan materi pelatihan dan telah ditelaah oleh guru matematika dari sekolah serta dosen pengampu untuk memastikan kesesuaian isi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan, dari nilai rata-rata pre-test (kategori rendah) menjadi (kategori tinggi) berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sehingga media ini mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan serta mendorong guru lebih kreatif dalam mengembangkan media kontekstual.
References
Aini, K. (2017). Penerapan pendidikan matematika realistik (pmr) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Autentik, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.637
Aini, K., & Yasid, A. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui hybrid learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7775–7781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3589
Alfina, S., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa mts pada materi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 405. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10283
Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan siswa smp pada pembelajaran geometri materi bangun datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–146. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1230
Alwasi, F. T., Saputri, S., Nurohmah, W., & Komariah. (2023). Penggunaan media pembelajaran puzzle bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada materi menyusun dan mengurai bangun datar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2446–2457. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.922
Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan siswa smp mutiara 5 lembang pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2029–2039. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.706
Azro S. S., & Sutriyani W. (2025). Pengembangan media ludo matematika untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung siswa sekolah dasar. 5, 594–609. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i2.1660
Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan sekolah luar biasa, dan jenis-jenis sekolah luar biasa. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian soal cerita pada siswa diskalkulia ditinjau dari teori bruner dengan metode drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1081
Fuady, A., Agustiawan, E., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2023). Pelatihan Pembelajaran media digital berbasis power point materi statistika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), 923–929. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4645
Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Febriyanto, B. (2021). Pentingnya media tangram terhadap kemampuan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(2), 290–294.
Kelana, J. B., Muftianti, A., & Samsudin, A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar mahasiswa pgsd. jurnal ilmiah p2m stkip siliwangi, 7(1), 48–54.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Kharismawati, A., & Desstya, A. (2021). Pemanfaatan kardus bekas untuk media pembelajaran ipa di sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19419
Makhmuda S. (2021). Analisis iterasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 318–325.
Misbahudholam A. R. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan game edukasi berbasis sdgs dalam upaya membentuk karakter melalui penguatan projek profil pelajar pancasila bagi guru mi ziyadatul ulum desa kambingan barat. Jabb, 4(1), 2023.
Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis software wondershare filmora pada mata pelajaran ipa di sd. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514
Rifandi, M., Muzakkir, N. A., & Mayapada, R. (2025). Pelatihan penggunaan chatgpt sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa man 1 majene, Sulawesi Barat A training program on utilizing ChatGPT as a mathematics learning. Jurnal Anugerah, 7(x), 75–86.
Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media dalam pembelajaran smk. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336–344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655
Sanjani, M. A. (2021). pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.
Sitohang, U., Pasaribu, A. G., Simanungkalit, M., & Hulu, A. (2024). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar pak bagi siswa kelas viii smp negeri 1 siempat nempuh hulu tahun pembelajaran 2023 / 2024. 1(3), 138–148. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i3.659
Solihah, S., & Muhtadi, D. (2025). Kesulitan konseptual dan prosedural siswa smp dalam materi kesebangunan Pendahuluan. 04(01), 123–140. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2623
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Ulia, N., Kusumadewi, R. F., & Hariyono, M. (2025). Media pembelajaran inovatif berbasis internet untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru sekolah dasar. 6(10), 468–479. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i2.23564
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Anugerah : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








