Penguatan kompetensi profesional guru SDI Ats-Tsiqoh Palangka Raya melalui bimbingan teknis penyusunan modul pembelajaran

Authors

  • Mutiarani Pionera Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7325

Keywords:

kompetensi profesional, guru, model pembelajaran

Abstract

Kompetensi profesional guru sangatlah penting, yang mencakup penguasaan materi pembelajaran dan kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pengajaran. Pengembangan bahan ajar oleh guru seperti modul pembelajaran, menjadi sarana strategis yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendukung pembelajaran mandiri. Namun, tantangan keberagaman latar belakang siswa memerlukan pendekatan yang lebih diferensiasi dalam penyampaian materi. Untuk mengatasi permasalahan ini, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SDI Ats-Tsiqoh Palangka Raya dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi profesional guru SDI Ats-Tsiqoh Palangka Raya dengan memberikan pemahaman terhadap prosedur pengembangan modul pembelajaran dan pemanfaatan Canva untuk merancang template modul. Terdapat 10 orang guru yang terlibat dalam kegiatan berupa bimbingan teknis (bimtek) ini dengan intensitas 3 kali pertemuan berdasarkan tiga tahapan materi. Data berupa hasil angket dari penilaian rekan sejawat oleh para peserta kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pemahaman peserta tentang prosedur pengembangan modul pembelajaran sebesar 91% dan keterampilan dalam memanfaatkan Canva sebesar 93% yang mengindikasi bahwa kompetensi profesional peserta mampu diperkuat. Melalui bimtek ini, para guru merasa terdorong untuk menjadi lebih adaptif dan kreatif dalam menghasilkan modul pembelajaran sesuai bidang keilmuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pionera, M. . (2024). Penguatan kompetensi profesional guru SDI Ats-Tsiqoh Palangka Raya melalui bimbingan teknis penyusunan modul pembelajaran. Jurnal Anugerah, 6(2), 181–190. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7325