Pelatihan pengembangan media pembelajaran bangun datar berbasis flipaclip bagi guru matematika SMP

Authors

  • Caswita Caswita Universitas Lampung
  • Sugeng Sutiarso Universitas Lampung
  • Nurhanurawati Nurhanurawati Universitas Lampung
  • Nurain Suryadinata Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7290

Keywords:

bangun datar, flipaclip, matematika, media pembelajaran

Abstract

Berdasarkan observasi diketahui bahwa masih terdapat guru matematika yang kesulitan dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran, khususnya di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Jadi, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru matematika di Kabupaten Pringsewu terkait dengan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis IT dengan menggunakan FlipaClip. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan 40% teori dan 60% praktik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahapan melakukan tes awal, melaksanakan pelatihan, dan melaksanakan tes akhir. Peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang yang merupakan guru matematika SMP di Kabupaten Pringsewu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Selanjutnya teknik analisis data secara deskriptif dan menggunakan N-Gain. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan pemahaman guru tentang media pembelajaran, bangun datar dan FlipaClip yang ditunjukkan dari hasil N-Gain di mana 45% peserta mengalami peningkatan sedang dan 55% mengalami peningkatan tinggi. Selain itu, Guru sudah mulai memiliki keterampilan dalam membuat media pembelajaran menggunakan FlipaClip yang ditunjukkan oleh praktik yang dilakukan guru serta produk akhir yang dihasilkan oleh para guru Matematika SMP di Kabupaten Pringsewu. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru telah mengalami peningkatan pemahaman dan memiliki keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis FlipaClip.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854

Hanif, F., Negara, I. N. S., & Astuti, N. K. R. (2022). Animasi 2d sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi Anak di PT. Pilar Kreatif Teknologi di Denpasar. Amarasi, 3(2), 132–142.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Rohmat. (2010). Media Pembelajaran Suatu Pengantar. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Roslinda, M., & Hasanah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Flipaclip Berbasis Paikem pada Pembelajaran Matematika Pengenalan Sifat-Sifat Bangun Ruang di Kelas V SD. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(3), 46–55.

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Wahid, A. H., Najiburrahman, Rahman, K., Faiz, Qodriyah, K., Hambali, El Iq Bali, M. M., Baharun, H., & Muali, C. (2020). Effectiveness of Android-Based Mathematics Learning Media Application on Student Learning Achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1594/1/012047

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 211-221.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Caswita, C., Sutiarso, S., Nurhanurawati, N., & Suryadinata, N. (2024). Pelatihan pengembangan media pembelajaran bangun datar berbasis flipaclip bagi guru matematika SMP. Jurnal Anugerah, 6(2), 171–180. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7290